Festival “Kepang Si Emak”, Wujud UMKM Beraksi, Go Digital, dan Siap Bangkit

Kepang Si Emak, Wujud UMKM Beraksi, Go Digital, dan Siap Bangkit

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka untuk membangkitkan ekonomi Magetan setelah masa pandemi, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkopum) Magetan, menggelar kegiatan Festival UMKM “KEPANG SI EMAK” (Kreasi Pangan Sehat Inovatif Enak Murah dan Berkualitas) di halaman Kebun Refugia Plaosan, Sabtu (10/12/2022).

Menurut Kepala Dinkopum Magetan, Sukartini, bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitasnya, peluang kemitraan dan promosi produk. “Dalam upaya menembus pasar global, dengan semangat UMKM Beraksi, UMKM Go Digital, dan UMKM Bangkit,” pungkasnya.

Adapun yang menjadi peserta dalam festival ini antara lain UMKM Kabupaten Magetan, UMKM Kabupaten/Kota sekitar, Koperasi Wanita, PKK, Desa/Kelurahan se-Kecamatan Plaosan, dan masyarakat Magetan pada umumnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari. Dengan rangkaian acara pada tanggal 10 Desember, yaitu Cooking Class & Baking Demo, Kurasi Produk UMKM, Pelayanan Perizinan, Hiburan Reog dan Campur Sari. Sedangkan tanggal 11 Desember yaitu Senam Aerobik dan Doorprize, Lomba Kreasi Pangan, Hiburan Campursari, dan Hiburan Reog sebagai penutup festival.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Staff Ahli Bupati, Ketua DPRD Magetan beserta Wakil, Ketua Komisi B DPRD Magetan beserta anggota, Tim PKK, OPD terkait, Direktur BPRS Magetan, dan Forkopimca Plaosan.

Dalam kesempatan tersebut, Staff Ahli Bupati Magetan, Arif Ridwan, yang dalam hal ini mewakili Bupati menyambut baik dan sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Menurutnya, UMKM merupakan penyanggah ekonomi di Magetan, sehingga perlu difasilitasi. “Perekonomian akan semakin meningkat manakala UMKM terus difasilItasi. Sehingga UMKM bisa naik kelas dan pangsa pasar bisa lebih luas lagi,” pungkasnya.

Arif berharap agar UMKM Magetan dapat semakin tumbuh dan lebih berkembang, baik
produknya, kualitasnya, dan pemasarannya. “Dengan memanfaatkan teknologi digital marketing untuk pemasaran, diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan di Magetan saja, tetapi juga bisa dipasarkan di daerah lain, hingga tingkat nasional bahkan internasional,” tutupnya.

Dalam acara tersebut turut dibuka secara simbolis dengan pemotongan singkong, yang menjadi tema dasar dari acara Kepang Si Emak. Selanjutnya dilanjutkan dengan peninjauan stand dari 25 UMKM di Magetan. Juga telah diserahkan bantuan hibah, sosial, dan alat bagi pelaku usaha.

Pos terkait