Forum Anak Magetan Deklarasi Cegah Stunting

Forum Anak Magetan Deklarasi Cegah Stunting.

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan, melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Magetan turut melibatkan Forum Anak dalam kampanye pencegahan stunting.

Deklarasi cegah stunting dilakukan Forum Anak Kabupaten Magetan bersama Bupati Magetan Suprawoto pada kegiatan festival MAK CLING (Magetan Bergerak Mencegah Stunting) di Pendapa Surya Graha Magetan, Senin (25/7/2022).

“Kami forum anak kabupaten Magetan (Muda Beda Berkarya) sebagai pilar pelopor dan pelapor dari tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten ikut serta dalam pencegahan stunting di Kabupaten Magetan, karena cegah stunting itu penting,” kata Ketua Forum Anak, Muhammad Narendrab, Senin (25/7).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berefek jangka Panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia.

Sehingga tantangan bagi Forum Anak Kabupaten Magetan sebagai pelopor dan pelapor adalah mencegah perkawinan usia anak dan stunting.

Di Magetan sendiri tercatat, privalensi stunting berada di angka 17,5% sedangkan target pemerintah pusat 14%. Untuk itu, perlu komitmen bersama dari banyak pihak untuk bersama mengatasi masalah stunting.

Kepala DPPKB-PPPA Magetan Furiana Kartini menerangkan, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka stunting dan tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja. Upaya pemerintah perlu didukung oleh semua lapisan masyarakat termasuk dari anak-anak.

“Forum Anak berperan sebagai pelopor dengan mengadakan aksi kampanye pencegahan terjadinya stunting,” katanya.

Tugas mereka adalah memberikan edukasi, pemahaman, dan memotivasi anak-anak sehingga memiliki pola asupan gizi seimbang dan pola hidup sehat.

“Edukasi gizi ini yang menjadi sangat penting karena bisa dilakukan kapan saja dan ini peran dari Forum Anak sangat penting untuk memberikan edukasi gizi kepada teman-teman sebayanya,” terangnya.

Baca Juga  Kompol Meiridiani Bagikan Hadiah Coklat Uang Ikut Vaksinasi

Ditambahkannya, dalam pencegahan stunting Forum Anak di Magetan selama ini telah melakukan Podcast.

“Podcast edukasi Gizi dan perkawinan dini. Hal ini dikarenakan perkawinan anak memiliki dampak yang multiaspek dan lintas generasi,” tutupnya.

Pos terkait