Geliat Desa Wisata di Kabupaten Magetan

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan berkomitmen untuk mengembangkan potensi dan promosi Desa Wisata dan terus dikuatkan.

Hadirnya beberapa tempat wisata yang ada di Magetan diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat sehingga memberi dampak pengurangan angka urbanisasi.

Namun, pengembangan desa wisata tidak dapat dilakukan sendiri, haruslah terintegrasi dan berkolaborasi dengan beberapa unsur didalamnya.

Beberapa pengembangan yang perlu dilakukan tak lepas dari peran serta Pemerintah Daerah dalam hal ini Disparbud Magetan dengan masyarakat, Kelembagaan, Industri/Swasta, Akademisi dan Media Massa. Kehadiran mereka ini tentu memiliki peran sebagai akselerator roda penggerak, pengembangan serta pengelola potensi kekayaan alam dan budaya yang dimiliki.

Untuk menuju itu semua, beberapa langkah dilakukan oleh Disparbud Magetan, termasuk melalui beberapa event yang ada, pihaknya tak bosan-bosan memperkenalkan pariwisata kepada masyarakat luar daerah.

“Salah satu langkah kami untuk memperkenalkan serta mempromosikan wisata yang ada di Magetan melalui beberapa event yang ada, kita branding wisata Magetan melalui berbagai platform supaya masyarakat luar daerah bisa mengetahui dan berkunjung ke wisata yang ada di Magetan dengan paket wisata,” ucap Joko Trihono, Kepala Disparbud Magetan, Rabu (15/11/2023)

Pun Demikian, Joko menambahkan, bahwa sektor pariwisata memiliki peranan yang sangat penting, sebagai salah satu sumber bagi penerimaan devisa, serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan produktivitas masyarakat. Salah satu pengembangannya juga melalui Desa Wisata.

“Di Magetan juga terdapat beberapa Desa Wisata yang saat ini dikemas dan disajikan untuk masyarakat, kemarin juga ada perwakilan desa yang mengikuti Festival Dewi Cemara (Desa Wisata Cerdas Mandiri dan Sejahtera) 2023 yang berlangsung di Sumenep pada tanggal 3-5 November 2023. Dan alhamdulillah Desa wisata Sidomukti dan Desa wisata Sumberdodol berpartisipasi, Desa wisata Sumberdodol mendapat apresiasi sebagai 10 penyaji terbaik virtual tour desa wisata,” ungkap Kadin Disparbud Magetan.

Baca Juga  Rakyat Menjerit, Gas Elfiji Tabung Melon 3 Kg Semangkin Langka

Selain itu, prestasi desa wisata Magetan lainnya adalah desa Sumberdodol masuk 500 besar, dan Desa Genilangit 300 besar, dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, dari 4 Ribu lebih desa wisata di Indonesia. ADWI adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

“Dengan berkembangnya wisata yang ada di Magetan ini kita berharap penggerak ekonomi tidak hanya masuk ke dalam daerah, masyarakatpun juga bisa menikmati hal tersebut, oleh karena itu kolaborasi dengan berbagai sektor seperti ini juga sangat dibutuhkan perannya,” pungkasnya.

 

Pos terkait