Gubernur Khofifah Ground Breaking Monumen Reog Ponorogo

Beritatrends, Ponorogo – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa melakukan ‘Ground Breaking’ pembangunan Monumen dan Museum Reog di Desa Sampung, Kecamatan Sampung, Sabtu (11/3/2023).

“Reog sudah legend, tapi bahwa penguatan dalam bentuk monumen dan museum peradaban akan menjadi kekuatan baru bagi wajah Ponorogo,” kata Khofifah dalam sambutannya.

Menurut Khofifah, dengan adanya monumen dan museum tersebut tidak hanya bermanfaat bagi Ponorogo saja, namun juga pelestarian budaya termasuk didalamnya adalah budaya reog yang selama ini sudah begitu kuat resonansinya baik antar provinsi maupun antar belahan negara di dunia.

Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau lokasi proyek (Foto: DNY)

“Mudah mudahan semuanya diberikan kemudahan, kelancaran, kesuksesan dan memberikan manfaat yang besar,” harapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengatakan, wilayah Sampung berada di barat daya Kabupaten Ponorogo. Sehingga dengan adanya monumen dan museum reog diharapkan dapat menarik wisatawan dari luar daerah.

“Kami memilih Sampung karena geografisnya pas, ini dapat membobol wisata bagian barat laut,” ungkap Sugiri.

Dijelaskannya, selain menyajikan wisata peradaban, penangkaran burung Merak juga akan dibangun di lokasi tersebut.

Selain itu pihaknya berharap dampak positif proyek kali ini bisa meningkatkan perekonomian termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Diketahui, sebelumnya di lokasi pembangunan proyek tersebut merupakan area pertambangan batu kapur serta menjadi matapencaharian masyarakat setempat.

Baca Juga  Danrem 043/Gatam Hadiri Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih Peringatan HUT Kemerdekaan RI KE - 77

Pos terkait