Hadiri Upacara HSN 2024, Cawabup Ida Yuhana Ulfa Ajak Santri Lakukan Transformasi Teknologi

Beritatrends, Magetan – Calon Wakil Bupati Nomor Urut 3, Ida Yuhana Ulfa hadir dalam upacara peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Lapangan Pondok Pesantren Roudlotul Huda Kedungpanji Lembeyan Magetan, Selasa (22/10/2024).

Mbak Ida, panggilan akrab cawabup pasangan Sujatno, yang juga Pimpinan pondok Roudlotul Huda menyampaikan, peringatan Hari Santri Nasional (HSN) adalah refleksi atas jasa perjuangan kyai dan santri yang di masa sekarang diwujudkan dalam bentuk cinta tanah air, dan mempererat tali persaudaraan dalam keberagaman.

Pula sejarah Hari Santri berawal dari fatwa ‘Resolusi Jihad’ yang disampaikan KH. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. “Resolusi Jihad berisi fatwa yang mewajibkan jihad untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia melawan pasukan penjajah yang masih ada di tanah air” jelasnya.

Dalam momentum ini, Ida menambahkan di Hari Santri Nasional 2024 ini, santri harus mampu mempertahankan spirit Resolusi Jihad sekaligus melakukan transformasi teknologi.

“Seiring dengan perkembangan zaman, Transformasi Teknologi adalah hal yang tak bisa dihindari santri. Harapannya santri tidak hanya bisa mengaji, tapi juga mampu memanfaatkan teknologi, dan setelah lulus nanti, mereka benar-benar menjadi santri yang rohmatal lil ‘Alamiin, bermanfaat untuk semuanya,” pungkasnya.

Upacara Hari Santri di Ponpes Roda diikuti oleh seluruh santri dan ustadz-ustadzah dari seluruh lembaga, dengan Inspektur Upacara Kyai Agus Nur Wakhid, Pengasuh Ponpes Roda. Upacara diakhiri dengan berbagai pertunjukan dari para santri.

Baca Juga  Gunakan KTP Palsu, Pelaku Penggelapan Mobil Rental Diamankan Polres Magetan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *