HUT Ke-3 Lurah se-Lembeyan dan Tasyakuran Wisuda Abdi Dalem Keraton Yogya

Ulang tahun pelantikan kepala desa tahun ke-3 dan tasyakuran wisuda abdi dalem keprajan keraton Ngayogjakarta hadiningrat wewengkon kabupaten Magetan kecamatan Lembeyan.

Beritatrends, Magetan – Para kepala desa atau lurah di seluruh desa yang ada di kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke-3 atas pelantikan mereka pada tanggal 16 Desember 2019 silam.

Tasyakuran ini di gelar di Desa Tunggur, Lembeyan, Magetan, tepatnya di Halaman rumah Kepala Desa Tunggur, Sono Keling, Jumat (16/12/2022) malam.

Kepala Desa Kedung Panji Lembeyan, Sugeng mewakili kepala desa yang lain menyampaikan, kegiatan tasyakuran telah dilakukan setiap tahun dan dihadiri oleh seluruh kepala desa, lurah tiga periode, dua periode maupun lurah yang baru satu periode.

“Semoga apa yang kita laksanakan pada malam ini mendapat ridho dari Allah SWT dan di kemudian hari kelak dapat menjadi jalan kita untuk memimpin pemerintahan di desa masing-masing bisa berjalan lancar tidak ada suatu halangan apapun,” ucapnya dalam sambutan.

Selain HUT ke-3 kata Sugeng, Keprajan Kecamatan Lembeyan juga dilakukan syukuran atas wisudanya para lurah menjadi abdi dalem keraton Ngayogyakarta sejak tanggal 24 November 2022 kemarin.

“Hari nya kalau tidak salah hari Kamis, untuk keprajan di kecamatan Lembeyan sudah di Wisuda di Bangsal Kasatriyan Keraton Ngayogyakarta,” ujar Sugeng.

Menurutnya, kesempatan menjadi abdi dalem belum tentu datang dua kali, dengan proses kurang lebih dua tahun yang dilalui semoga sesuai dengan pribadi masing-masing dan ke depan bisa bermanfaat bagi anak cucu.

“Semoga apa yang kita dapat dalam amanat ini bisa membawa dan memaknai budaya jawa bisa dilaksanakan di kehidupan sehari-hari baik di masyarakat maupun bermasyarakat,” pungkas Sugeng.

Tugas sebagai abdi dalem salah satunya adalah sebagai abdi budaya yaitu orang yang bisa dan mampu memberi suri tauladan bagi masyarakat luas, abdi dalem harus bisa menjadi contoh kehidupan di masyarakat, bertindak berdasarkan unggah-ungguh dan paham akan tata krama.

Oleh karena itu, senyum yang selalu merekah, ramah dan sopan santun yang tinggi merupakan hal yang selalu ditunjukan oleh para abdi dalem keraton Yogyakarta.

Wisudhan abdi dalem keprajan keraton Ngayogjakarta Hadiningrat gelombang II tahun 2022 Wewengkon Magetan Kecamatan Lembeyan Kamis Wage, 24 November 2022 sebagai berikut :

1. Syaiful Yani, asmo abdi dalem Mas Wedono Ronggodipuro.

2. Sinung Wahyudi, Mas Wedono Projowahyutomo.

3. Dodik Dwiarto, Mas Wedono Joyodwisaputro.

4. Sono Keling, Mas Lurah Joyongudiutomo.

5. Sugeng, Mas Lurah Joyosumodipuro.

6. Sriyono, Mas Lurah Joyokarnoatmojo.

7. Tomiran, Mas Lurah Joyopartodipuro.

8. Slamet Riyanto, Mas Lurah Joyomangunsaputro.

9. Dwi Heri Susanto, Mas Lurah Joyomangunutomo.

10. Sarbini, Mas Lurah Joyoprasojo.

11. Sumiran, Mas Lurah Joyomangunatmojo.

12. Romelan, Mas Lurah Joyowinoto.

Pos terkait