Ikuti Instruksi Presiden Jokowi, Wali Kota Madiun Gunakan Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas

MOBIL LISTRIK–Inilah kendaraan dinas berupa mobil listrik yang digunakan Wali Kota Madiun. Nampak Wali Kota Madiun, Maidi keluar dari mobil listrik usai menjajal kendaraan dinas barunya di Balai Kota Madiun

 

Beritatrends, Madiun – Wali Kota Madiun, Maidi mulai menggunakan mobil listrik sebagai mobil dinas kepala daerah. Kendaraan bertenaga listrik mulai dioperasionalkan sejak kemarin.

Mobil listrik sebagai kendaraan dinas Wali Kota Madiun bermerk Hyundai Ioniq 5 memiliki harga berkisar Rp 700-an jutaan.

Rencananya, mobil akan digunakan untuk menerima kunjungan tamu dari dalam daerah hingga luar negeri.

Wali Kota Madiun, Maidi yang dikonfirmasi, Kamis (8/6/2023) mengatakan penggunaan mobil listrik sebagai tindaklanjut instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden RI Joko Widodo agar pemerintah di daerah  menggunakan kendaraan nol emisi gas buang. Dengan demikiam  kualitas udara di Indonesia bisa semakin meningkar,” kata Maidi.

Maidi pun sudah mencoba mobil listrik yang menjadi kendaraan dinas keliling di beberapa ruas jalan. Setelah menjajal kendaraan listrik, mantan Sekda merasa nyaman menumpang mobil listrik lantaran tidak berisik.

Maidi menjelaskan saat ini Pemkot Madiun baru memiliki satu mobil listrik yang dijadikan sebagai kendaraam dinas wali kota. Sejatinya, Pemkot Madiun ingin memesan banyak mobil listrik.

Namun terkendala dengan ketersediaan di dealer. Untuk memesan satu unit mobil listrik harus mengantri dalam waktu yang lama. “Kami baru dapat satu mobil listrik karena indennya lama,” jelas Maidi

Untuk sepeda motor listrik, Maidi mengatakan, Pemkot Madiun sudah memiliki motor listrik yang cukup banyak.

Untuk menunjang operasional mobil listrik yang makin banyak peminatnya di Kota Madiun, Maidi mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak swasta untuk membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Kota Madiun.Dengan demikian, warga yang   menggunakan kendaraan listrik dapat mudah mengisi daya baterai saat berada di kota pecel.

Baca Juga  Peresmian Bantuan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Pendukung Pengembangan Obyek Wisata Desa Genilangit Magetan

Rencananya SKLU akan dibangun di sekitar Jalan Pahlawan Kota Madiun.

Pos terkait