Ingin Kuliah di Luar Negeri? Begini Cara Dapat Beasiswa Ala Bupati Magetan

Begini Cara Dapat Beasiswa Ala Bupati Magetan

Beritatrends, Magetan – Bupati Magetan, Suprawoto mendorong agar putra daerah terus mempunyai mimpi yang besar, salah satunya kuliah di luar negeri.

Hal ini disampaikan Bupati dalam acara “Ceramah Motivasi Beasiswa Bagi Freshgraduate”, di Pendapa Surya Graha, Rabu (17/5/2023), yang dihadiri sejumlah siswa/mahasiswa dan freshgraduate asal Magetan, serta perwakilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkab Magetan.

Menurut Bupati, kuliah di luar negeri memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan pendidikan di dalam negeri.

“Ilmu pengetahuan saat ini masih di Barat, kualitas pendidikannya lebih bagus, dan ranking universitas terbaik juga didominasi oleh negara Barat,” jelas Bupati.

Meski begitu, saat ini kebanyakan siswa/mahasiswa masih enggan untuk melanjutkan pendidikannya ke luar negeri karena berbagai alasan.

Untuk itu, Bupati juga mendorong agar anak-anak Magetan dapat memanfaatkan kesempatan melalui jalur beasiswa.

Ia menyebut, banyak sumber beasiswa yang bisa dikejar, baik dari pemerintah daerah hingga pusat, bahkan dari universitas penyelenggara.

“Ada beberapa sumber beasiswa diantaranya dari Pemerintah Spt melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Kominfo dan Kemendikbud, serta dari negeri sahabat atau universitas di luar negeri,” papar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga membagikan hal-hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan sebelum berkuliah di luar negeri, seperti kredibilitas universitas asal; nilai Bahasa Inggris IELTS 6,5; dan nilai TPA (GMAT atau GRE).

“Anak-anak harus rajin cari informasi. Selama kuliah 4 tahun gunakan sebaik-baiknya untuk belajar sekaligus memperdalam bahasa asing,” pesan Bupati.

Selain Bupati Magetan, acara “Ceramah Motivasi Beasiswa Pendidikan Bagi Freshgraduate” turut mendatangkan narasumber dr. Melati Arum Satiti, Sp.A, MMed.Paed.Msc. (Dokter Spesialis Anak); Ir. Agus Rahardjo, M.S.M (Ketua KPK RI periode 2015-2019); Edgar Sikko Steenstra, B.Sc, M.Sc, P.hD; dan Tanjung Retno Wigati, S.Ak, M.Sc, M.S.Ak.

Baca Juga  Bupati Suprawoto Launching Sekolah Lansia Tangguh

Pos terkait