Jumat Agung, Umat Katolik Regina Pacis Magetan Tampilkan Tablo Penyaliban Yesus

Umat Katolik Regina Pacis Magetan Tampilkan Tablo Penyaliban Yesus

Beritatrends, Magetan – Sejumlah Orang Muda Katolik (OMK) Gereja Regina Pacis Magetan, Jawa Timur, menampilkan tablo atau visualisasi teatrikal yang menceritakan penyaliban Yesus Kristus.

Visualisasi ini dilakukan untuk memperingati Jumat Agung dalam rangkaian Hari Raya Paskah, di pelataran gereja setempat, Jumat (29/03/2024).

Berdasarkan pantauan, Romo bersama seluruh umat dalam setiap potongan perjalanan Yesus menuju tiang salib turut melantunkan doa sembari berlutut. Tak henti dari mereka juga tampak berderai air mata dalam kekhidmatan.

Pastor Kepala Paroki pada Gereja Regina Pacis Magetan, Romo Anthonius Wahyuliana CM mengatakan, dengan adanya devosi jalan salib ini, diharap Umat Katolik dapat bersama merenungi dan menghayati kisah sengsara Yesus Kristus.

“Supaya setiap orang Katolik, orang Kristiani, dan siapa saja di dunia ini senantiasa tabah dan sabar dalam setiap penderitaan hidup dan tetap setia kepada Tuhan. Sehingga pada akhir kehidupan kita boleh menikmati buah penebusan dari Tuhan Yesus,” ungkapnya.

Romo Wahyu pun turut mengapresiasi penampilan tablo yang disebut membutuhkan persiapan panjang dan tidak mudah. Menurutnya, tablo juga bukan hanya sekedar drama, melainkan sebagai bentuk doa.

“Mereka sudah menyiapkan lama dengan segala penghayatan supaya memang itu (tablo, red) menjadi doa, bukan sekedar drama yang ditonton,” tegas Romo.

Sementara itu, salah satu pemeran tablo sekaligus sutradara, Frater Josua Natalio CM, mengaku telah melewati satu setengah bulan lamanya untuk melalukan persiapan.

“Kami berharap semua umat betul-betul merasakan Misteri Paskah karena ini memang puncak dari iman Kristiani, supaya semakin menghayati dan semakin guyup,” harapnya.

Usai ibadah Jumat Agung umat Katolik akan melaksanakan ibadah Vigili Paskah, salah satu ibadah penting dan sebagai penanda awal Paskah.

Baca Juga  Penyiraman Air Bunga Sebagai Tanda Dibukanya Bintra Lemdik Dan Orientasi Pengenalan Lingkungan PAG Gelombang II TA. 2022

Pos terkait