Penuh Haru, Warga Binaan Rutan Magetan Nikmati Bukber Bareng Keluarga

Warga Binaan Rutan Magetan Nikmati Bukber Bareng Keluarga

Beritatrends, Magetan – Suasana haru seketika menyelimuti Gedung Aula dan Ruang Kunjungan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Magetan.

Pasalnya, Rutan Magetan pada Ramadan kali ini kembali menggelar acara buka bersama (bukber), dengan turut mengundang keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (28/03/2024).

Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk perhatian agar warga binaan bisa merasa lebih dekat dengan keluarganya.

”Dalam momen puasa Ramadhan seperti ini, kami tentu senang melihat warga binaan bisa berkumpul kembali dengan keluarga. Untuk menghadirkan momen yang hilang dari mereka pada saat di rumah bisa berbuka dengan keluarga,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan, keluarga warga binaan yang hadir membawa makanan dan minuman dari rumah masing-masing.

Tak serta merta masuk, barang bawaan tersebut terlebih dahulu akan diperiksa dan digeledah oleh petugas. Ini dilakukan demi mencegah barang-barang terlarang masuk ke dalam Rutan.

Eries menyebut bahwa terkait keamanan, pihaknya telah menyiapkan personil tambahan untuk kegiatan buka bersama kali ini.

“Kami sudah menyiapkan petugas tambahan baik dari regu pengamanan maupun staf tersendiri guna kelancaran kegiatan buka bersama ini,” jelasnya.

Senada dengan Karutan, Kepala Pengamanan Rutan, Andy Sulistiawan menjelaskan, segala kebutuhan baik dari segi keamanan maupun antisipasi gangguan saat kegiatan berlangsung, telah disiapkan dari jauh hari.

“Untuk keamanan kami mengerahkan staf untuk langsung turun mengamankan dan membantu proses kegiatan, kami pastikan semua sesuai SOP yang berlaku dan Insya Allah aman semuanya,” kata Andy.

Untuk diketahui, total warga binaan yang dikunjungi yakni sebanyak 89 orang. Mereka diberi kesempatan bertemu dan buka puasa bersama keluarga dari pukul 16.00 WIB hingga 18.15 WIB.

Baca Juga  Posisi Strategis Insan Pers dan Kaum Buruh Pada Pemilu 2024 Di Indonesia

Pos terkait