Kapolda Sumut Resmikan Gedung Polsek Parapat dan Berbuka Puasa Bersama di Simalungun

Beritatrends, Simalungun – Dalam upaya mendukung Destinasi Super Prioritas Danau Toba serta memperkuat sinergitas antara Polri dengan masyarakat, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi., S.H., S.I.K., M.Si., memimpin upacara peresmian Gedung Polsek Parapat, Polres Simalungun. Kegiatan ini digelar pada Kamis, 04 April 2024, dan diikuti oleh Buka Puasa Bersama sebagai bagian dari rangkaian Kunjungan Kerja.

Rombongan kapolda yang tiba di Mako Polsek Parapat disambut hangat dengan adat Simalungun, termasuk penyematan pakaian adat kepada Kapolda Sumut dan selayar untuk Wakapolda serta para Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara.

Acara dimeriahkan pula oleh kehadiran pejabat setempat termasuk Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., Danrem 022/Pantai Timur, Bupati Simalungun, Wakil Bupati, serta tokoh agama, adat, dan masyarakat luas. Dalam sambutannya, Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH., MH., Bupati Simalungun, menegaskan dukungannya terhadap pembangunan Mako Polsek Parapat yang dianggap strategis untuk mendukung kenyamanan dan keamanan destination super prioritas Danau Toba.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, dalam sambutannya, mengungkapkan harapan agar Polsek Parapat bisa bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan di Danau Toba. Upacara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Kapolda.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, juga menekankan pentingnya peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat dan wisatawan, terutama di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Parapat Danau Toba. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun yang dengan cepat dan tanggap telah merespons kebutuhan akan pembangunan gedung baru Mapolsek Parapat yang secara signifikan akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan para wisatawan.

Baca Juga  TP-PKK dan Karang Taruna Kelurahan Tambran Gelar Berbagi Takjil di Bulan Suci Ramadhan 1445H

Mengingat posisi strategis Mapolsek Parapat yang berada di pintu gerbang masuk ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba, Kapolda Sumut menekankan bahwa hal ini menjadi kesempatan yang baik untuk memberikan pengalaman pelayanan yang prima kepada wisatawan. Sebagai contoh, Kapolda menyampaikan kisah seorang wisatawan Jepang dari tahun 1960-an, yang berjanji untuk kembali ke Parapat setelah dewasanya berkat kesan luar biasa yang ia miliki selama kunjungan pertamanya. Kisah ini dijadikan sebagai inspirasi untuk memberikan pelayanan yang berkesan sehingga mendorong wisatawan untuk kembali mengunjungi.

Lebih lanjut, Kapolda Sumut menyebutkan bahwa keberadaan Mapolsek Parapat yang kini tampak megah diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi Kapolsek Parapat dan jajarannya untuk benar-benar mengedepankan pengayoman dan pelayanan prima kepada masyarakat dan wisatawan. “Ayo berikan pelayanan yang berkesan, tingkatkan pelayanan prima dengan sapta pesona khususnya senyum yang mengumbar kepada setiap wisatawan,” tegas Kapolda.

Dalam pendekatannya, Kapolda menekankan pentingnya penerapan problem solving yang berorientasi pada solusi aman dan damai dengan mengedepankan peradaban serta kearifan lokal masyarakat. Beliau menggarisbawahi bahwa hukum tetap penting namun sebagai solusi terakhir, mengutamakan pelayanan yang mampu beradaptasi dengan kearifan lokal.

Mengakhiri sambutannya, Kapolda Sumut kembali mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Simalungun atas pembangunan Mapolsek Parapat. Beliau berserta rombongan kemudian melaksanakan bakti sosial dengan memberikan bingkisan kepada anak yatim dan 300 paket sembako kepada masyarakat di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Sebelum peresmian Mapolsek Parapat, Kapolda bersama Wakapolda dan Forkopimda Simalungun meninjau Pos Pelayanan (Posyan) di depan Pantai Bebas Parapat, dimana Kapolsek Parapat, AKP Jonni Silalahi, beserta unsur pimpinan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, memberikan penjelasan kesiapan Pos Pam dan Posyan libur Idul Fitri 2024.

Baca Juga  Kapolres Magetan Ajak Insan Pers Olahraga Bersama dan Silaturahmi Kantibmas Usai Pemilu

Peresmian Mapolsek Parapat menjadi momen penting bagi Polres Simalungun dan jajaran polres untuk bersinergi dengan masyarakat dan semua pihak terkait guna mensukseskan pelayanan prima di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Parapat Danau Toba, dengan harapan meningkatkan pengalaman positif bagi wisatawan nasional dan internasional.

Kegiatan ini juga disempurnakan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Tokoh Agama Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad Sabban Elrahmaniy Rajagukguk, M.A., memohon kelancaran dan kemajuan untuk Polsek Parapat.

Kemudian, setelah buka puasa bersama yang dihadiri oleh rombongan Kapolda dan tamu undangan, kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan Sholat Magrib, Isa, dan Tarawih berjamaah serta pembagian paket sembako kepada masyarakat kurang mampu. Ini menegaskan komitmen Polri dalam melayani, mengayomi, dan membantu masyarakat secara inklusif.

Kunjungan kerja ini tidak hanya menandai peresmian infrastruktur kepolisian yang baru namun juga menguatkan hubungan antara Polri dengan komunitas di sekitar Danau Toba, mengingat pentingnya kerja sama dalam memastikan keamanan serta mendorong pertumbuhan pariwisata di kawasan tersebut.

Pos terkait