KASAD Jenderal Maruli Simanjutak Tanam Pohon di Cemorosewu Magetan

Beritatrends, Magetan – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melakukan penanam pohon di Gunung Lawu yang sempat terdampak kebakaran hutan.

Kegiatan yang bertajuk Gulaku Gulamu Gunung Lawuku Gunung Lawumu tersebut, menanam sebanyak 23.600 pohon yang dilakukan bersama aparat gabungan diantaranya TNI-Polri, BPBD, Perhutani, dan masyarakat yang terdiri dari relawan serta komunitas pecinta alam.

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menegaskan kepada 2.010 orang relawan gabungan dan masyarakat yang sudah melakukan pembersihan dan penanaman pohon di Gunung Lawu. Bahwa kegiatan penghijauan Gunung Lawu ini sebagai yang terbesar di Indonesia yang dilakukan secara swadaya.

“Saya yakini ini adalah kegiatan terbesar yang dilakukan secara swadaya di Indonesia,” ungkap KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, saat memberikan sambutan di Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur, Rabu (20/12/2023).

KASAD berharap kegiatan penghijauan bisa dilakukan terus ke depannya dengan skala yang lebih besar. Tak hanya oleh TNI, tapi juga oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Penghijauan sendiri sudah dimulai sejak 14 Desember 2023. Sebanyak 2.010 orang telah menanam 23.600 bibit pohon dan membersihkan 50 ton sampah yang digabungkan dalam total 56 karung sampah yang didominasi sampah plastik.

“Terima kasih khususnya untuk tim yang sudah melaksanakan 2.010 orang bisa menanam 200 hektar dan 23.600 pohon bibit pohon dan juga 50 ton sampah dipindahkan dalam 56 karung,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, sebagai tuan rumah sangat mendukung langkah serius TNI AD untuk terus berupaya menjaga kelestarian alam di Gunung Lawu.

“Bahkan Bapak KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, juga telah memerintahkan jajaran TNI AD untuk melaksanakan karya bakti pembersihan sungai dan penanaman pohon di seluruh Indonesia, ini langkah positif yang harus kita dukung bersama,” kata Dandim 0804/Mageta.

Lebih lanjut, masih kata Dandim, Karya bakti pembersihan dan penghijauan yang melibatkan 2.010 personil melakukan pembersihan dan penanaman pohon di kawasan Gunung Lawu. Secara keseluruhan ada 23.600 bibit tanaman yang ditanam di Gunung Lawu sebagai upaya penghijauan kembali selepas karhutla.

“Sedangkan jenis tanaman yang ditanam mulai pohon damar, cemara eucalyptus, trembesi, sengon, mahoni, alpukat dan lainnya,” tegasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdam V/Brawijaya, Kapolda Jawa Timur, Kapolda Jawa Tengah, pejabat Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Tengah, jajaran Korem 081/Dsj, Korem 074/WRT, Jajaran Kodim 0804/Magetan, Kodim 0805/Ngawi dan Kodim 0727/Karanganyar, Pj Bupati Magetan serta Perhutani.

Pos terkait