Ketua DPRD Magetan Dorong Pembangunan Sektor Pertanian

Beritatrends, Magetan – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan, Sujatno, menekankan pentingnya mengarahkan pembangunan pada sektor unggulan daerah, terutama sektor pertanian. Pernyataan ini disampaikannya dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten, yang berlangsung di Pendopo Surya Graha pada Kamis (15/03/2024).

Sujatno menyoroti nasib petani sebagai fokus utama dalam upaya meningkatkan produktivitas dan mendorong keberadaan petani milenial. “Ini harus kita optimalkan sehingga orang bertani menjadi kebanggaan. Kalau sudah orang bangga bahwa bertani memang menghasilkan, maka kita semua akan senang bertani,” ujarnya.

Salah satu strategi yang ditekankan oleh Sujatno adalah optimalisasi pemberdayaan petani melalui Perda Nomor 3 tahun 2017 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Petani. Dia juga mendorong agar implementasi Perda tersebut segera dilaksanakan dan aturan terkait Peraturan Bupati (Perbup) segera ditetapkan.

Menurutnya, Perda tersebut difokuskan pada penyediaan sarana dan prasarana produksi, perlindungan terhadap komunitas pertanian unggulan daerah, serta penetapan harga pokok produksi pembelian. Namun, Sujatno menyatakan bahwa belum ada Perbup yang komprehensif terkait dengan Perda tersebut, namun diharapkan dapat segera terpenuhi.

Mengenai subsidi pupuk bagi petani, Sujatno menegaskan komitmennya untuk terus mengupayakan peningkatan ketersediaan pupuk di Magetan. Meskipun subsidi pupuk umumnya berasal dari pusat, namun pihaknya siap menyediakan anggaran jika kendala ketersediaan pupuk terjadi di tingkat daerah.

Lebih lanjut, Sujatno menekankan pentingnya pemberdayaan petani agar mandiri dan produktif, sehingga sektor pertanian dapat menjadi industri yang menarik. “Selain subsidi, yang penting petani bisa diberdayakan, bisa mandiri, bisa menghasilkan, produksinya bisa meningkat, sehingga di sektor pertanian akan ada ketertarikan hingga menjadi industri pertanian,” tambahnya.

Upaya yang diinisiasi oleh Ketua DPRD Magetan ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi perkembangan sektor pertanian di Kabupaten Magetan, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga  Polisi Temukan Senpi Rakitan dari Pengguna Sabu di Tulang Bawang Barat

Pos terkait