Kirab Pemilu 2024 di Magetan Berlangsung Meriah

Kirab Pemilu 2024 

Beritatrends, Magetan – Kirab Pemilu Tahun 2024 resmi memasuki rute Kabupaten Magetan. Kirab Bendera Merah Putih, Bendera Pataka KPU, dan 18 Bendera Partai Politik Pemilu 2024 telah diterima oleh KPU Kabupaten Magetan dari KPU Kabupaten Nganjuk, di halaman Kebun Bunga Refugia Plaosan, Magetan, Rabu (25/10/2023).

Sebelumnya, Kirab Pemilu di Magetan dimulai dengan kirab peserta. Sebanyak 1.690 anggota PPK dan PPS berjalan dari Gedung Graha Literasi menuju Kebun Bunga Refugia.

Ketua KPU Magetan, Fahrudin mengatakan, tujuan Kirab Pemilu selain sebagai sarana integrasi bangsa sesuai tema yang diusung, juga sebagai sarana sosialisasi dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi mendatang.

“Kirab Pemilu juga untuk mengadakan komunikasi dengan sesama stakeholder, diantaranya penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan masyarakat, serta pemerintahan sebagai pemangku kebijakan,” terangnya.

Meski di bawah terik matahari, Kirab Pemilu di Magetan pun berlangsung dengan meriah. Tampak peserta kirab berbalut lurik dan kebaya membawa poster bernada ajakan.

“Gunakan Hak Suara Anda. Jangan Sampai Golput Ya. Wujudkan Pemilu 2024 yang Damai dan Bermartabat,” sebut beberapa poster.

Ajakan juga disampaikan oleh Pj Bupati Magetan Hergunadi. Pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyambut Pemilu 2024 dengan gembira.

“Mari kita sambut Pemilu ini dengan gembira, tidak ada hal-hal yang tidak gembira sehingga apa yang dinantikan 5 tahun bisa bermanfaat dan membawa masyarakat menjadi lebih baik,” ujarnya.

Acara ini juga berhasil menyedot antusias masyarakat. Berbagai kalangan berbondong-bondong hadir menyaksikan Kirab Pemilu.

Sementara acara juga turut dimeriahkan dengan berbagai hiburan, seperti pasukan kuda, reog, barongsai, tari kolosal, drumband, dan hiburan dangdut. Selain itu juga ada smoke bomb, flashmob, hingga pelepasan 2 ribu balon.

Baca Juga  Menuju Pemilu 2024, KPU Magetan Lakukan Simulasi Coblosan

Untuk diketahui, mulai Kamis-Minggu (26-29 Oktober 2023), bendera yang telah diterima juga akan dikirab ke masing-masing kecamatan se-Kabupaten Magetan, sebelum dilanjutkan serah terima kepada Kabupaten Wonogiri.

Pos terkait