Kolaborasi Magetan dan Kraton Yogyakarta dalam Labuhan Lawu

Beritatrends, Magetan – Magetan, Jawa Timur, menjalin kolaborasi yang menarik dengan Kraton Yogyakarta dalam perhelatan Labuhan Lawu pada Minggu (11/2/2024) kemaren. Sebuah langkah awal yang positif, karena sebelumnya Kraton Yogja hanya kolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Magetan, Joko Trihono, kerjasama ini bukan hanya memperkaya khasanah budaya tetapi juga memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi di daerah tersebut.

“Dengan izin Tuhan, tahun depan akan lebih meriah lagi dan kita akan kolaborasikan dengan berbagai labuhan di Gunung Lawu ini,” ujar Joko Trihono dengan penuh optimisme.

Lebih lanjut, Joko menyampaikan bahwa pesona Gunung Lawu akan semakin menonjol, baik dari segi wisata alam maupun spiritual. “Lawu memiliki histori tersendiri, dan dengan Labuhan yang melibatkan tiga komponen penyelenggara pemerintahan ini – Karanganyar, Magetan, dan Kraton Yogyakarta – saya yakin semakin menarik,” tambahnya.

Joko juga mengungkapkan bahwa peluang kerjasama budaya ini muncul setelah memaparkan hubungan historis yang erat antara Magetan dan Kraton Yogyakarta. “Magetan pernah menjadi bagian dari Kraton Yogyakarta secara historis, dan hubungan ini menjadi pengikat antara Karanganyar, Magetan, dan Kraton Yogya Hadiningrat,” jelasnya.

Rencana sinergi budaya yang akan dimulai tahun depan diharapkan dapat meningkatkan peluang ekonomi masyarakat Magetan, menggambarkan kolaborasi yang tak hanya memperkaya warisan budaya tetapi juga berpotensi mengangkat kesejahteraan lokal.

Baca Juga  Sang Pejuang Dhuafa Komitmend Membantu Masyarakat Walau Dimasa Kampanye

Pos terkait