KPU Sampang Gelar Seleksi Rekrutmen PPS, Di Ikuti 2.296 Peserta

Peserta saat mengikuti ujian seleksi PPS di GOR Indor Sampang

Beritatrends, Sampang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang menggelar ujian tes tulis seleksi rekrutmen petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di ikuti sebanyak 2.296 peserta. Ujian tes tulis seleksi rekrutmen PPS di gelar di GOR Indor Sampang jalan KH. Wahed Hasyim. Senin (9/01/2023).

Addy Imansyah ketua KPU Kabupaten Sampang menjelaskan sebanyak 2.296 peserta hari ini mengikuti tes tulis yang sudah lulus administrasi.

“Mereka adalah dinyatakan lulus administrasi pada tahapan rekrutmen calon PPS se- Kabupaten Sampang sebagai penyelenggara pemilihan umum tahun 2024 mendatang,” ujarnya.

Seleksi rekrutmen calon PPS meliputi beberapa langkah. Yaitu, tahapan pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi tes tulis, tes wawancara dan penetapan hasil seleksi secara keseluruhan.

Mengacu pada ketentuan, pihaknya akan mengambil tiga kali jumlah kebutuhan terhadap calon PPS yang telah mengikuti seleksi tes tulis. Jumlah kebutuhan tiga orang, dan dapat mengambil sembilan besar untuk melanjutkan pada tahapan tes wawancara.

“Kami telah mempertimbangkan dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Maka kemungkinan kami ambil dua kali dari jumlah kebutuhan. Jadi, kami mengambil 6 orang dan kebutuhan PPS tiga orang dan 3 sisanya sebagai cadangan,” tambah Addy.

Ketua KPU Sampang Addy Imansyah saat di konfirmasi awak media

Addy akan melaksanakan tahapan tes wawancara terhadap para calon PPS yang masuk pada sembilan besar pada 18 sampai 20 Januari 2023. Pengumuman hasil seleksi tanggal 21 sampai 23 Januari 2023.

“Sedangkan pengambilan sumpah atau pelantikan terhadap seluruh calon anggota Panitia Pemungutan Suara terpilih, kami laksanakan tanggal 24 Januari 2023,” terangnya.

Pihaknya mengakui, bahwa para peserta calon Panitia Pemungutan Suara yang mendaftar melibatkan dari berbagai latar belakang dan kalangan masyarakat baik perempuan maupun laki-laki yang memiliki integritas tinggi untuk proses penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.

“Selama pelaksanaan seleksi tes tulis berjalan lancar dan khidmat, para calon anggota PPS terlihat sangat antusias dan tertib mengerjakan lembar soal yang diberikan panitia penyelenggara. Di antara mereka, tentu telah siap untuk terlibat menjadi penyelenggara Pemilu 2024,” pungkasnya.

Pantauan wartawan Beritatrends ada beberapa peserta yang sudah lanjut usia dan masih bersemangat serta ikut menjadi calon petugas PPS demi suksesnya pemilu 2024.

Pos terkait