Kreasi Batik Casual Meriahkan Festival Batik Khas Magetan

Pj Bupati Hergunadi : saat menyerah kan hadiah di Festival Batik Khas Magetan

Beritatrends, Magetan – Festival Batik Khas Magetan dalam rangka 3rd Bupati Magetan Cup ‘Sparkling Magetan’ kembali digelar dengan meriah di Alun-Alun Magetan, Kamis (08/08/2024) malam.

Acara yang juga mengusung tema “Batik Casual” ini menampilkan berbagai kreasi batik khas Magetan.

Dengan penuh percaya diri, para peserta memamerkan busana batik di atas catwalk, menunjukkan bahwa batik tidak hanya bisa tampil formal, tetapi juga kasual dan modern.

Acara yang digagas oleh DPC Katalia bersama Asosiasi Ahli Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Indonesia serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magetan, melibatkan sekitar 75 peserta yang terbagi dalam empat kategori perlombaan yakni TK/PAUD, SD, SMP, dan SMA sederajat.

Ketua DPC Katalia Magetan, Sri Ratna Wijayanti, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong bakat dan kreativitas generasi muda agar lebih percaya diri, kreatif, dan imajinatif.

“Kami juga ingin ikut mengangkat citra dan semangat pengerajin batik khas Magetan untuk meningkatkan kemampuan membatik dan kualitas batik karyanya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas,” ungkapnya.

Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, yang turut hadir dalam acara ini, mengapresiasi kolaborasi berbagai pihak dalam penyelenggaraan event ini.

Menurutnya, Festival Batik Khas Magetan mampu mendukung pengembangan 17 sub-sektor ekonomi kreatif, khususnya dalam bidang fashion, dan semakin memperkenalkan berbagai motif batik khas Magetan.

Hergunadi juga menekankan bahwa batik adalah salah satu motif yang memiliki daya tarik eksklusif karena setiap coraknya unik.

“Dengan tema “Batik Casual”, kami berharap masyarakat dapat tampil lebih berbeda dan lebih menarik karena batik tidak memiliki pola yang sama,” ujarnya.

Baca Juga  HUT ke-52 IPK Asahan Berlangsung Sederhana dan Penuh Kekeluargaan

Festival Batik Khas Magetan ini tidak hanya menjadi ajang unjuk bakat, tetapi juga mempertegas komitmen untuk melestarikan warisan budaya, sekaligus menginspirasi generasi muda untuk terus berkreasi dan bangga mengenakan batik dalam keseharian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *