Magetan Dikunjungi Alumni Serta Perwakilan Institut Teknologi Bandung Dalam Rangka MoU KKN

  • Whatsapp

Dr. Drs. H. Suprawoto., SH, M.S saat menerima kunjungan Alumni serta IPB

Beritatrends, Magetan – Pembangunan berkelanjutan telah menjadi agenda global dalam setiap proses pembangunan. Oleh karenanya, seluruh pemangku kepentingan termasuk pemerintah dalam berbagai sektor pembangunan harus menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam setiap kebijakan maupun rencana pembangunan yang akan dilaksanakan.

Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan di sektor pariwisata dikenal dengan konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan, yang pada intinya mengandung pengertian pembangunan pariwisata yang tanggap terhadap minat wisatawan dan keterlibatan langsung dari masyarakat setempat dengan tetap menekankan upaya perlindungan dan pengelolaannya yang berorientasi jangka panjang. Upaya pengembangan dan pengelolaan sumber daya yang dilakukan harus diarahkan agar dapat memenuhi aspek ekonomi, sosial dan estetika. sekaligus dapat menjaga keutuhan dan atau kelestarian ekologi, keanekaragaman hayati, budaya serta sistem kehidupan.

Konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan tersebut pada intinya menekankan empat (4) prinsip , sebagai berikut

  1. Layak secara Ekonomi
  2. Berwawasan lingkungan
  3. Dapat diterima secara sosial
  4. Dapat diterapkan secara teknologi

Pemerintah Kabupaten Magetan mendapatkan kunjungan dari Alumni serta perwakilan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka MoU Rencana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2021 di Ruang Rapat Pendopo Surya Graha Magetan, Senin (1/11/2021).

Kunjungan ini dalam rangka pengembangan 4 Desa diwilayah Parang, sebagai desa wisata. Selain berkunjung tersebut ITB juga menawarkan untuk MOU dengan ITB untuk melakukan pendampingan utamanya kerjasama dibidang riset KKN, kuliah kerja nyata tematik mahasiswa dimagetan

Direktorat kemahasiswaan ITB Prastyo pihaknya berterima kasih bisa ketemu Bupati Magetan, kami punya visi yang sama untuk bersama-sama berkolaborasi, karena ITB visinya demikian, sama dengan lembaga lembaga terhormat yang ada di Indonesia ini termasuk di dalamnya adalah Pak Bupati bersama-sama membantu.

“Untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Karena problem dari bawah itu bisa didapat kolaborasinya dengan Pemerintah Kabupaten sangat bagus, Pihaknya berharap dengan tujuan yang baik itu bisa tercapai juga dengan baik. Semoga program-program yang telah dijalankan tersebut dapat berguna bagi masyarakat sekitar, ,”papar Prastyo.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto., SH, M.Si mengatakan hari ini temen-temen ITB hadir di Magetan, menawarkan untuk MoU dengan ITB untuk melakukan pendampingan utamanya kerjasama dibidang riset Kuliah Kerja Nyata (KKN),  tematik mahasiswa di Magetan.

Kami berteri makasih ini sebagai langkah awal dan nanti segera ditindaklanjuti MoU nya sehingga nantinya Magetan utamanya desa-desa bisa dibimbing dalam segala hal sesuai dengan keilmuan yang dimiliki, keahlian yang dimiliki oleh sumber-sumber daya manusia yang dimiliki.

“Pihaknya berharap sekali karena ITB punya repertasi yang sangat luar biasa mudah-mudahan keahliannya bisa menular di Kabupaten Magetan,”pungkas Suprawoto.

 

 

Pos terkait