Magetan Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2023

Bupati Magetan Suprawoto, Bunda PAUD Titik Suprawoto, dan Kadin Dikpora Suwata usai menerima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2023 dari Kemendikbudristek RI

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan berhasil meraih Anugerah Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kategori Pemda Transformatif Tingkat Kabupaten Kota Non 3T, Sub Kategori Transformasi Pembelajaran.

Penghargaan ini diserahkan secara simbolis oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim dan diterima langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto, didampingi Bunda PAUD Titik Suprawoto, dan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Magetan Suwata, dalam Malam Puncak Peringatan Bulan Merdeka Belajar Tahun 2023, di Gedung Trimurti Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/05/2023).

Kabupaten Magetan merupakan 1 dari 21 Gubernur dan 55 Bupati/Walikota se-Indonesia yang terpilih karena berhasil meningkatkan kemampuan literasi, numerasi satuan pendidikan di daerah dengan menerapkan aksi nyata dalam Asesmen Nasional, Program Sekolah Penggerak, Perencanaan Berbasis Data, Implementasi Kurikulum Merdeka, serta digitalisasi pendidikan melalui pemanfaatan platform Merdeka Mengajar.

Hal ini lantaran dalam 3 tahun terakhir, Presiden Joko Widodo mengupayakan transformasi pendidikan demi mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan sejalan dengan landasan dasar falsafah serta pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Melalui Kemendikbudristek, akhirnya diluncurkan 24 episode Merdeka Belajar yang berfokus pada transformasi sistem pendidikan Indonesia, khususnya pada aspek pembelajaran, pendanaan, dan pengelolaan.

Dilatarbelakangi oleh perjalanan dan capaian dari gerakan Merdeka Belajar inilah, Kemendikbudristek kemudian menetapkan bulan Mei 2023 sebagai Bulan Merdeka Belajar dengan mengusung tema ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’.

Diketahui, Bulan Merdeka Belajar yang digelar pada 28-29 Mei 2023 di Yogyakarta, dimeriahkan dengan beragam kegiatan, salah satunya Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional, dan agenda kegiatan lain seperti Karnaval Merdeka Belajar, ziarah makam Ki Hajar Dewantara, hingga pemberian penghargaan untuk beberapa kategori.

Baca Juga  Bapenda Madiun Luncurkan Aplikasi PBB Kabupaten Madiun, Warga Bisa Cek Jumlah PBB Yang Harus Dibayar

Pos terkait