Mbulan Ndhadari, Ajang Mengasah Naluri Sastra Anak-anak

Sarasehan Mbulan Ndhadari.

Beritatrends, Magetan – Pemkab Magetan mengelar sarasehan sastra budaya dan seni “Mbulan Ndhadari” di Pendopo Surya Graha Magetan, Sabtu (18/6/2022) malam.

Mbulan Ndhadari merupakan program pemkab Magetan dalam melestarikan sastra dan seni setiap tanggal 15 malam bulan purnama.

Kali ini kegiatan mengambil tema, menguntai kata, mengolah jiwa, di isi dengan membaca puisi oleh para juara 5 besar lomba baca puisi tingkat SMP se-Kabupaten Magetan.

Suprawoto, Bupati Magetan menjelaskan, Mbulan Ndhadari adalah upaya memberi ruang kepada anak-anak, yang seharusnya pada malam tanggal 15, namun kali ini pada malam Minggu (18/6).

“Anak-anak disini akan mendapat kan ruang untuk mengasah naluri sastra mereka,” jelasnya.

Suprawoto mengatakan, berbagai penampilan akan ditampilkan anak-anak, seperti baca puisi, baca cerpen, geguritan, dan juga akan ada tarian dan lainya yang bisa mengekpresikan anak-anak.

“Apalagi anak-anak biasanya hanya tampil sesuatu di kelas, dan ini di Pendopo dilihat orang banyak, pasti ada rasa bangga,” ucapnya. Selain itu, bagi pengunjung alun-alun juga bisa mendapatkan tontonan.

Sementara, Ganev Budi Laksono, selaku Ketua panitia Mbulan Ndhadari Mengatakan, Pemkab Magetan hari ini telah melaksanakan Mbulan Ndhadari episode 2, yang digelar setiap bulan.

“Seperti kata bapak Bupati, tujuan lain kita supaya pengunjung alun-alun bisa di arahkan ke sini. Biar ikut menikmati Mbulan Ndhadari,” ujarnya.

Jadi melestarikan tentang budaya, seni dan sastra, karena tanpa pendidikan tidak akan lestari, menurutnya.

“Dan yang menampilkan nanti, anak-anak dari tingkatan SD, SMP dan pemuda,” terangnya.

Rencananya, pada Mbulan Ndhadari bulan depan akan di tampilkan dari OPD PMD, yang akan menampilkan sejarah tentang Magetan.

“Nanti akan ditampilkan dari OPD bergantian, namun rata-rata leading sektornya Dinas Dikpora dan Arpus,” jelasnya.

Pos terkait