Mendag Zulhas Puji Kreatifnya Wali Kota Madiun Sulap Sungai Kumuh Jadi Wisata Favorit

PROMOSI—Menteri Perdagangan, Zulhas Zulkifli didampingi Wali Kota Madiun, Maidi mempromosikan produk UMKM yang berada di kawasan wisata Sumber Umis di Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (11/10/2023).

Beritatrends, Madiun – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memuji keuletan dan kekreatifan Wali Kota Madiun, Maidi. Pasalnya Maidi mampu menyulap kawasan sungai kumuh menjadi tempat wisata favorit.

Tak hanya itu, hadirnya tempat pariwisata baru di Kota Madiun menjadikan keberadaan UMKM makin maju dan berkembang.

Pujian itu disampaikan Mendag Zulhas dalam rangkaian kunjungannya di Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (11/10/2023). Setibanya di Kota Madiun, Zulhas langsung mengunjungi stan pameran UMKM di kawasan wisata Sumber Umis.

Kawasan Sumber Umis sebelum disulap sebagai tempat wisata dahulunya merupakan lingkungan dan sungai yang kumuh. Bagian atas sungai tersebut kemudian ditutup lalu sekarang menjadi tempat wisata dengan dibangun patung Merlion Singapura, miniatur Ka’bah Mekah, Menara Eiffel Paris, dan Kampung Eropa. Tak hanya itu, kawasan itu juga sering digunakan untuk pameran UMKM.

“Saya baru ketemu wali kota model ini. Saya kira satu-satunya di Indonesia yang sangat kreatif. Ini tempat dan sungai yang kumuh bisa disulap menjadi tempat wisata yang paling digemari dan favorit wargapuji,”ucap l Zulhas.

Setelah disulap menjadi tempat wisata, Sumber Umis sering menjadi lokasi pameran bagi UMKM. Hal itu tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku UMKM lantaran tidak perlu menggelar event besar, wisatawan setiap hari sudah hadir.

“Disini UMKMnya berkembang. Dan ini menunjukkan daerah memerlukan sosok pemimpin yang kreatif dan sungguh-sungguh. Biasanya kalau sungguh-sungguh mencintai rakyat itu pasti ketemu. UMKM cepat berkembang bagus mulai minuman, makanan dan batik karena mendapatkan pembinaan dan arahan baik dari Wali Kota Madiun, Maidi,” tutur Zulhas.

Baca Juga  Tim Monitoring Minyak Goreng Satu Harga Sidak ke Pasar Tradisional Pringsewu

Selain mengunjungi kawasan wisata Sumber Umis, Mendag mendatangi Ngrowo Bening Edupark. Di lokasi ini Mendag Zulhas mengakui keberhasilan Wali Kota Maidi mengubah tempat yang belum termanfaatkan menjadi lebih maksimal.

Untuk itu Mendag Zulhas pun akan mempromosikan Kota Madiun sebagai percontohan bila berkunjung ke daerah-daerah lain di Indonesia.

Zulhas menceritakan saat menjadi Menteri Kehutanan dirinya sering datang ke Kota Madiun untuk sekedar menikmati kuliner pecel. Maklum, saat itu Ketum PAN berteman baik dengan mantan Menkopolhukam, Djoko Suyanto yang merupakan putra daerah kelahiran Madiun.

Namun setelah makan pecel Zulhas terus pulang. Saat itu belum ada wisata keliling enam negara di Kota Madiun.

“Jadi kalau kita punya wali kota seperti pak Maidi maka Indonesia maju. Kalau Wali Kota bekerja dengan hati dan nurani maka UMKMnya tumbuh,” demikian Zulhas.

Pos terkait