Meriahkan HUT ke-79 RI, Kecamatan Poncol Kenalkan Kearifan Lokal Lewat Karnaval Budaya

Beritatrends, Magetan – Kamis sore (22/08/2024), Kecamatan Poncol dipenuhi oleh semangat ribuan siswa-siswi SMP dan SMA sederajat yang tumpah ruah mengikuti Karnaval Budaya.

Ribuan warga dari berbagai lapisan masyarakat pun membanjiri jalanan Desa Genilangit hingga Lapangan Abdi Praja Alastuwo, untuk menyaksikan perhelatan yang tidak hanya meriah, tetapi juga sarat dengan makna kebangsaan dan kebudayaan.

Camat Poncol, Maryadi menjelaskan bahwa karnaval ini merupakan puncak perayaan HUT ke-79 RI di wilayah Poncol, yang dirancang untuk menggabungkan semangat nasionalisme dengan upaya pelestarian kearifan lokal.

“Dengan karnaval dan bazar UMKM ini, kami ingin memberikan hiburan kepada masyarakat, memberi ruang bagi UMKM untuk menampilkan produk lokal, serta menanamkan pada generasi muda rasa cinta tanah air dan penghormatan mendalam kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan,” ungkapnya.

Dengan tema “Kearifan Lokal Poncol Mendunia,” karnaval ini menyoroti pentingnya melestarikan dan mempromosikan budaya lokal.

Maryadi berharap, seni dan tradisi seperti Tongkling dari Desa Genilangit, yang telah dikenal hingga tingkat provinsi, bisa terus ditampilkan dan bahkan diperkenalkan lebih luas lagi.

“Harapan saya ada budaya-budaya lain yang merupakan kearifan lokal bisa ditampilkan, sehingga ketika ada event di tingkat kabupaten bisa ikut berpartisipasi,” jelasnya.

Diketahui sejak 10 Agustus lalu, Kecamatan Poncol telah merayakan HUT ke-79 RI dengan berbagai kegiatan, seperti lomba Linmas, voli putra-putri tingkat SD dan remaja, lomba cipta menu PKK, hingga senam lansia.

Ditambah dengan karnaval ini, selain menjadi ajang kompetisi dan hiburan, juga menjadi wujud nyata komitmen Kecamatan Poncol dalam menjaga dan memperkenalkan kearifan lokal di tengah perayaan nasional yang penuh makna.

Baca Juga  Satlantas Polres Magetan Masifkan Tilang Manual dengan Hunting System

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *