Misteri Buaya Putih Di Sungai Kali Kemuning Sampang

Sudut Sungai Kali Kemuning Sampang

Beritatrends, Sampang – Cerita rakyat yang melegenda banyak di perbincangkan tentang misteri Buaya Putih di Sungai Kali Kemuning Sampang mulai dari jaman dulu hingga sekarang masih misteri.

Menurut cerita rakyat bahwa di Sungai Kali Kemuning Sampang ada se ekor buaya putih yang konon melegenda dari manusia berubah menjadi buaya putih, terkadang muncul buaya putih tersebut di sekitar Sungai Kali Kemuning.

Alwani (70) warga Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang Madura dimana, rumahnya ada di sekitar bantaran Sungai Kali Kemuning, menurut cerita rakyat bahwa di Sungai Kali Kemuning ada penghuninya atau penunggunya mahluk astral yaitu Buaya Putih yang konon dari se orang santri berubah menjadi buaya putih.

” Di Sungai Kali Kemuning ada penunggunya yaitu Buaya Putih yang konon ceritanya dari se orang santri yang berubah menjadi buaya, betul apa tidak itu ceritanya dari dulu sampai sekarang, saya sendiri belum melihat secara pasti tentang buaya putih tersebut,” cerita Alwani. Kamis (26/01/2023).

Lanjut cerita Alwani, pada jaman dahulu di dekat Sungai Kali Kemuning ada pondok pesantren tidak tahu pasti tempat pondok pesantren tersebut dan mempunyai beberapa santri dan kalau santri mandi pagi dan sore hari ke Sungai Kali Kemuning.

Berawal santri tersebut pada saat sore hari waktu matahari terbenam akan memasuki waktu Adzan Magrib se orang santri tersebut yang biasa mandi ke sungai akan tetapi santri tersebut tidak mandi tetapi rebahan tengkurep di lencak (tempat duduk santai yang terbuat dari bambu) di pinggir sungai, santri tersebut oleh Kyai di panggil sampai tiga kali tidak dihiraukan oleh santrinya.

Baca Juga  Pernikahan Putra Pertama Ketua Presidium FPII Dibanjiri Papan Karangan Bunga Petinggi Negara

Pada saat itu sang Kyai berkata kepada santri tersebut dengan berucap ” pola tedhung pangtapangan deggik deddih bejeh pote patogunah songai dengan bahasa Madura (mungkin tiduran tengkurap nanti jadi buaya putih penunggu sungai) sesudah sang Kyai berkata kepada santrinya tersebut, langsung menjadi buaya putih.

” Kemungkinan Karomah sang Kyai yang alim dengan berucap di kabulkan oleh Yang Kuasa santri tersebut menjadi buaya putih, itu menurut cerita – cerita orang tua dulu sampai sekarang masih menjadi misteri.

Beritatrends menelisik lagi cerita legenda misteri Buaya Putih di Sungai Kali Kemuning kebenarannya, alhasil, warga ceritanya semua sama, ada se ekor Buaya Putih di Sungai Kali Kemuning sebagai penunggu sungai tetapi tidak menggangu warga yang ada di sekitar bantaran sungai tersebut.

 

Pos terkait