Optimalkan Peran Ponpes Untuk Deradikalisasi, Jack Harun Eks Napiter Bom Bali I Datang ke Magetan.

Beritatrends, Magetan – Mendung gelap yang menyelimuti magetan siang ini tidak menyurutkan niat Joko Tri Harmanto asal Solo Jateng yang merupakan salah satu mantan pelaku terorisme di Indonesia untuk datang ke Pondok Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Bani Ali Musryad Dkh Banaran Ds. Kerik Kec. Takeran Kab Magetan.

Ya kali ini Joko Tri Hermanto yang lebih dikenal dengan nama Jack Harun datang ke Magetan atas undangan Kapolsek Takeran AKP Endro Warsito SH yang merupakan salah satu sahabatnya dalam diskusi masalah kebangsaan dan nasionalisme.

Jack Harun salah satu eks Combatan asal Kulonprogo Jogjakarta mengisi kegiatan deradikalisasi dengan mengusung tema *”MEMBENTUK GENERASI PENERUS YANG RELIGIUS, TOLERAN DAN NASIONALIS MENUJU INDONESIA YANG BERDAULAT DAN BERJATIDIRI”* dihadapan Forkompimca Takeran, pengasuh ponpes dan santri sekitar 500 orang.

Pengasuh PPTQ Bani Ali Musryad Kyai Ayib Wasis Rosyidi ( Gus Ayub ) mengaku sangat terhormat mendapatkan ilmu dan pengalaman salah satu pelaku terorisme yang sudah insaf untuk dibagikan kepada para santrinya.

Dalam kesempatan tersebut Jack Harun yang sejak tahun 2017 mendirikan yayasan Gema Salam di wilayah Solo Raya ( salah satu komunitas yang mengajak eks napi teroris untuk kembali ke NKRI )  menyampaikan bahwa santri harus waspada penyebaran faham radikal baik melalui dakwah majelis taklim maupun media sosial dan membentengi dirinya melalui pemahaman wawasan kebangsaan.

Bahwa agenda deradikalisasi seperti ini dengan mendatangkan pembicara dari eks napi teroris harus sering dilaksanakan sebagai upaya membentengi masyarakat dari faham radikal khususnya di wilayah Magetan yang indikasi menjadi daerah nyaman untuk kegiatan dan perkembangan kelompok tersebut pungkas AKP Endro Warsito SH yang juga inisiator acara.

Baca Juga  Terbaik Pulihkan Ekonomi Dampak Pandemi Covid-19, Pemkot Madiun Raih Jatim Bangkit Award 2023

Pos terkait