Organisasi Mitra SRPB Jatim Belajar Ekonomi Kreatif di SPMAA Pasuruan

 

Beritatrends, Pasuruan – Berbagai cara dilakukan agar perekonomian bisa meningkat dan mandiri. Salah satunya dengan membuka lahan untuk tanaman-tanaman produktif dan punya nilai jual lebih.

Hal inilah yang dilakukan oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Pasuruan. Ponpes yang berada di Dusun Tamanan, Desa Kepulungan, Gempol, Pasuruan ini kini mengembangkan berbagai tanaman produktif. Di antaranya adalah kebun klengkeng, alpukat, maupun sawah organik.

Upaya ini menarik Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim untuk belajar bersama dengan beberapa perwakilan organisasi mitranya. Mereka mengunjungi lahan perkebunan SPMAA Pasuruan, Senin, 3 Januari 2022 lalu.

Empat perwakilan organisasi mitra SRPB Jatim yang menimba ilmu adalah dari Jalur Bebas Rintangan Kabut (Jabrik), titipair.org, Joeragan Sociopreneur Smanisda (JoSS) Peduli, dan Jelajah Situs Pawitra. Mereka dipimpin langsung oleh Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih.

“Kami langsung ke lokasi penanaman klengkeng. Sekaligus berdiskusi tentang usaha ekonomi kreatif bagi relawan,” ungkap Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih, Rabu, 5 Januari 2022.

Pimpinan SPMAA Pasuruan Rohman Arsys Tawa atau biasa disebut Gus Arsys, menyambut hangat kedatangan beberapa perwakilan organisasi mitra SRPB Jatim ini. Menurutnya, para relawan bisa mengembangkan penanaman buah-buahan ini karena mudah dirawat.

Para perwakilan organisasi mitra SRPB Jatim juga menikmati wisata petik klengkeng. Tak lupa, sebelum berpamitan mereka juga mendapatkan buah tangan dari SPMAA Pasuruan.

Pos terkait