Pameran Keris “Tosan Aji” Digelar di Magetan

Pameran tosan aji di Gedung Tripandita, Magetan.

Beritatrends, Magetan – Pameran keris “Tosan Aji” digelar di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mulai mulai tanggal 25- 27 November di Gedung Tripandita, Magetan.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan Pekatik Magetan.

Tujuannya untuk lebih mengenalkan tosan aji ke masyarakat, khususnya kepada kaum muda.

Seperti yang diketahui, Tosan Aji ialah senjata pusaka Nasional (Tradisional), Istilah ini merujuk pada segala macam senjata tradisional, yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai Pusaka.

Secara umum Tosan Aji diciptakan tidak hanya sebagai senjata saja, tapi juga sebagai sifat kandel bagi pemiliknya, sebagai sesuatu yang dapat membangkitkan keberanian dan keyakinan bagi pemilik Tosan Aji tersebut.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto, Kamis (25/11/2021), ia menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan bapak presiden, untuk melihat ekonomi tahun depan seperti apa, presiden mengatakan bahwa kegiatan besar diperbolehkan tetapi dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan ini salah satu upaya supaya kegiatan ekonomi menggeliat, bagi kelangsungan hidup masyarakat dan negara,” ujarnya.

Bupati Suprawoto berharap kegiatan Pameran Tosan Aji dapat rutin dilakukan, dan Tosan Aji sebagai salah satu warisan budaya yang diakui oleh dunia harus dipelihara dengan baik.

“Marilah kita transformasikan warisan budaya ini kepada anak-anak kita, utamanya anak-anak di era milenial agar mereka nantinya tidak tercabut dengan budaya asing,” ungkapnya.

Sementara itu, Mbah Juno selaku Ketua Pekatik menyampaikan, bahwa pameran Tosan Aji ini sebagai wujud peran serta untuk memperkenalkan warisan budaya. “Kami bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya serta menumbuhkan motivasi dan edukasi kepada masyarakat khususnya kaum milenial,” jelasnya.

Baca Juga  Magetan Koi Show 2021 Diikuti Ribuan Peserta Se-Nusantara

Dalam kesempatan ini Bupati Magetan, Suprawoto didampingi Forkopimda dan OPD terkait memukul gong sebagai tanda dibukanya pameran yang diikuti oleh sejumlah 170 Tosan Aji dari berbagai daerah, diantaranya Magetan, Madiun, Kediri, Ngawi, Surakarta, Jogja, Malang, Mojokerto, Ponorogo dan Pekalongan.

Pos terkait