Pasca Tanah Longsor, Polisi Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Material Longsor di Poncol

Beritatrends, Magetan – Cuaca ekstrim, hujan lebat yang berlangsung selama beberapa hari berturut-turut menguyur Kabupaten Magetan, sebabkan tanah longsor pada Talut dan rumah bekas kandang bagian belakang milik warga roboh.

Peristiwa ini terjadi di lingkungan Perangkampak, Kelurahan Alastuwo, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

Yaitu, Rumah milik Sarni (56) tersebut longsor akibat tidak kuat menahan resapan air yang banyak akibat curah hujan yang tinggi, sehingga tanah menjadi labil dan longsor, pukul 02.00 WIB, Senin (13/2/2023) dini hari dan menimpa rumah bangunan milik tetangga.

Hari ini TNI-Polri bersinergi dengan petugas BPBD, Perangkat dan masyarakat bergotong royong melaksanakan kerja bakti pembersihan dan evakuasi rumah roboh akibat Talut longsor tersebut, Senin siang.

“Alhamdulillah, Pemilik rumah selamat tidak ada korban jiwa, Karena pada saat kejadian pemilik rumah sedang berada di rumah bagian depan,” kata Kapolsek Poncol, AKP. Sukarno.

Ia menyebutkan, beberapa personil dari Polri diturunkan untuk bersinergi dengan BPBD, Perangkat desa dan warga membersihkan material berupa tanah dan bangunan bekas kandang yang roboh.

“Kegiatan dapat berjalan lancar dan aman hingga selesai,” kata Kapolsek.

Dikesempatan terpisah Kapolres Magetan, AKBP. Muhammad Ridwan SIK MSi mengatakan, karena adanya bangunan Talut dan rumah roboh akibat cuaca ekstrim, kepada jajaran Polsek untuk memetakan daerahnya terdampak cuaca ekstrim.

“Benar telah terjadi adanya tanah longsor dan bangunan roboh akibat terdampak cuaca ekstrim, kami perintahkan Kapolsek untuk membantu upaya pembersihan dan evakuasi,” ujar Ridwan.

Selain itu, ia juga menghimbau Masyarakat agar tetap waspada, dan berhati-hari terhadap dampak potensi cuaca ekstrem.

“Saat ini cuaca ekstrim, dimungkinkan hujan masih akan turun hingga beberapa hari ke depan. Saya minta warga untuk lebih hati hati dan meningkatkan kewaspadaan,” lanjut Muhammad Ridwan.

Baca Juga  Peringati Hari Raya Iduladha 1443 H, Kejati Sumut Sembelih 9 Ekor Hewan Kurban

Kapolres juga meminta jajaran untuk terus memantau perkembangan situasi, baik situasi kemungkinan terjadinya longsor susulan, maupun kondisi buruk lainnya

” Iya, saya sudah minta kepada Kapolsek memonitor perkembangan situasinya, jika terjadi sesuatu agar segera dilaporkan untuk di tindak lanjuti,” pungkasnya.

Pos terkait