Pemerintah Kabupaten Magetan Bangun IPAL Tanggulangi Limbah Kotoran Sapi Singolangu

Bupati Magetan Suprawoto – Dibalik upaya pengembangan Singolangu, ada satu permasalahan yang menjadi perhatian tersendiri yaitu limbah kotoran sapi. Untuk mencari solusi bersama.

Beritatrends, Magetan – Bukan hanya sebuah peternakan, Singolangu merupakan salah satu daerah sentra produksi susu di Kabupaten Magetan. lokasi juga dikembangkan menjadi wisata edukasi di Magetan.

Dengan brand Kampung Susu Lawu, Singolangu terus berbenah menjadi ikon tersendiri dengan konsep eco-eduwisata.

Dibalik upaya pengembangan Singolangu, ada satu permasalahan yang menjadi perhatian tersendiri yaitu limbah kotoran sapi. Untuk mencari solusi bersama, Bupati Magetan duduk bersama segenap jajaran OPD terkait dan warga Singolangu, Senin (26/12/2022) di gedung pertemuan Kampung Susu Lawu, Singolangu.

Bupati Magetan, Suprawoto menyampaikan, Pemkab telah membangun IPAL di lingkungan Singolangu dengan kapasitas 40 meter kubik per hari.

“Nantinya output dari IPAL tersebut akan dipantau secara periodik. Limbah cair bisa dikelola menjadi air baku, sedangkan limbah padat bisa dimanfaatkan sebagai pupuk,” terangnya.

Bupati juga berharap agar warga Singolangu bisa merubah mindset untuk mewujudkan kawasan wisata yang bersih.

“Untuk mewujudkannya, semua harus meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan dan menjaga fasilitas umum,” jelas Suprawoto.

Baca Juga  Inilah Pesan Kapolda, Menjelang Pelantikan Bintara Polri di SPN Polda Jatim

Pos terkait