Pemerintah Kabupaten Magetan Gelar Safari Ramadhan Perdana

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan menggelar acara Safari Ramadhan 1445 H perdana di Masjid A-Muttaqim yang berlokasi di Dusun Ngrombo, Desa Banjarejo, Kecamatan Panekan, Senin (18/3/2024). Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat Muslim sebagai ajang silaturrahmi dan mempererat tali ukhuwah di bulan suci Ramadhan.

Sejumlah kegiatan diadakan dalam rangkaian Safari Ramadhan ini, antara lain buka bersama, kegiatan kajian Al-Qur’an, serta berbagi takjil. Turut hadir dalam acara tersebut adalah jajaran Forkopimda dan Eks Kecamatan Distrik Magetan.

Acara dimulai dengan Shalat Isya berjamaah yang dilanjutkan dengan Shalat Tarawih, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Penjabat (Pj) Bupati Magetan, Hergunadi.

Dalam sambutannya, Pj Bupati menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan kepada seluruh jamaah serta mengajak untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Pj Bupati juga menekankan pentingnya sikap pasrah dan ketenangan dalam menjalani ibadah dan bekerja.

“Kita harus selalu berpasrah dan berserah diri kepada Allah agar apa yang kita lakukan, baik itu ibadah maupun pekerjaan, senantiasa mendapatkan ketenangan dan berkah,” ujar Pj Bupati.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Magetan, KH. Ahmad Fatoni, dalam tausiahnya menyoroti pentingnya menjaga hati selama menjalankan ibadah puasa.

“Selain menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa, kita juga perlu menjaga hati dari prasangka buruk. Hati harus diisi dengan kehadiran Allah serta menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen untuk mendapatkan keberuntungan baik di dunia maupun di akhirat,” papar KH. Ahmad Fatoni.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati juga memberikan tali asih berupa alat shalat dan Al-Qur’an secara simbolis kepada takmir masjid, serta beras zakat Baznas Magetan kepada Camat di eks Distrik Magetan oleh Forkopimda Magetan.

Baca Juga  TAF Masuk 110 KEN 2024, Pj Bupati M. Firsada : Tubaba Akan Jadi Pangung Seni Budaya Nasional dan Mendunia

Acara Safari Ramadhan ini diharapkan dapat menjadi momentum mempererat silaturrahmi dan meningkatkan keimanan umat Muslim Kabupaten Magetan dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Pos terkait