Pemkab Blitar Gelar Musrembang RKPD Kabupaten Blitar Tahun 2025

Musrembang RKPD Kabupaten Blitar Tahun 2025

Beritatrends, Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Blitar Tahun 2025, yang diselenggarakan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Senin (26/3/2024).

Acara tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Muhammad Rifai dan Mujib SM, Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, Kapolres Blitar yang mewakili, Kajari Blitar, Kepala BNN Kabupaten Blitar, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Perwakilan BPSDM Provinsi Jawa Timur, Forkopimda Kabupaten Blitar, Akademisi, Ketua Forum CSR, dan undangan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Blitar atas dukungannya Rancangan Awal RKPD, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan serta Musyawarah Perempuan, Anak, Penyandang Disabilitas dan Kelompok Rentan (Musyawarah Pena Intan) hingga Musrenbang Tingkat Kabupaten.

“Kita semua berharap, dalam proses pelaksanaan rangkaian Musrenbang RKPD Tahun 2025 ini mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif, dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya perencanaan yang semakin berkualitas dan inklusif,” ujarnya.

Rini Syarifah menjelaskan, tujuan dari Musrenbang untuk mencari inspirasi masyarakat paling bawah bagaimana ke depan rencana pembangunan tahun 2025 sampai jangka panjang bisa sesuai dengan harapan masyarakat.

“Maka sejak awal dari awal RKPD kemudian kita juga Kecamatan kita juga hadir langsung ke sana, bagaimana usulan-usulan ini kita tampung dengan aspirasi dan prioritas serta dukungan anggaran dari dewan bagaimana bisa menyetujui aspirasi yang sudah masuk ke pembangunan,” jelasnya.

Melalui penguatan SDM Unggul dan Ekosistem Ekonomi Lokal untuk Kemandirian Ekonomi Daerah, dijabarkan melalui 5 (lima) prioritas pembangunan yaitu:

1. Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kesehatan dan Percepatan Pengentasan Kemiskinan.
2. Meningkatkan Kapasitas SDM Pelaku Ekonomi dan Penguatan Pemberdayaan Masyarakat.
3. Meningkatkan Produktivitas Ekonomi Lokal dan Penguatan Manajemen Distribusi Barang.
4. Penguatan e-Government dan Pelayanan Publik.
5. Pemantapan Infrastruktur Ekonomi serta Daya Dukung Lingkungan Hidup.

Baca Juga  3 Desa di Sumut Jadi Rumah RJ, Kajati Sumut : Perdamaian Membuat Kita Kompak Dalam Membangun

Bupati Blitar Rini Syarifah berharap, Mudah-mudahan apa yang disampaikan bisa terealisasi dan selalu berjuang bagaimana masyarakat di bidang apapun akan selalu di dukung supaya visi dan misi Kabupaten tercapai.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rully Wahyu Prasetowanto, menuturkan hari ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) jangka panjang periode 2025 sampai 2045.

Adapun proses RKPD tahunan ini sudah didahului dari forum konsultasi publik, banyak usulan masuk. Selain itu ada usulan dari Dewan dari sistem Pokok-pokok pikiran (Pokir).

Disampaikan, ada 5 prioritas terkait Sumber Daya Manusia (SDM) baik Pendidikan, Kesehatan, Pemerintahan, Ekonomi dan Insfrastruktur.

Pos terkait