Setelah Vakum Selama 4 Tahun, Bolu Rahayu Kembali Digelar Pemkab Magetan Malam Hari

Beritatrends, Magetan – Setelah vakum selama empat tahun akibat pandemi, Festival Andum Berkah Bolu Rahayu bakal kembali digelar.

Tahun 2024 ini festival yang sudah menjadi tradisi di Kabupaten Magetan akan berlangsung pada malam hari di Alun-alun Magetan, Kamis (11/7/2024).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magetan, Joko Trihono, mengungkapkan bahwa perubahan waktu pelaksanaan festival ini diharapkan membawa nuansa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Salah satu yang berbeda dari andum bolu rahayu kali ini adalah digelar pada malam hari, suasananya biar lebih sakral,” ujarnya.

Keputusan untuk menggelar acara pada malam hari juga didorong oleh konsep besar yang ingin diusung, yaitu membranding festival ini bersama dengan acara Gumolong Lampah Hastungkoro dan Jamasan Pusaka.

“Yang paling penting juga kami menggelar acara bolu rahayu pada malam hari karena kami punya konsep besar untuk juga membranding acara ini bersama Gumolong Lampah Hastungkoro, dan Jamasan Pusaka yang ada,” tambah Joko Trihono.

Festival Andum Berkah Bolu Rahayu, meskipun tidak masuk dalam kalender of event Kabupaten Magetan tahun ini, tetap menjadi ajang penting untuk memperkenalkan bolu sebagai makanan khas dan warisan budaya Magetan.

“Karena kita punya bolu sebagai makanan khas dan warisan budaya Magetan, maka kami lestarikan setiap tahunnya,” tegasnya.

Tradisi ini diadakan untuk merayakan tahun baru Islam, perayaan andum Bolu Rahayu dilakukan dengan dihias dan diarak dari Pendopo Surya Graha mengelilingi kota Magetan. Arakan diikuti oleh pasukan berkuda dari berbagai kecamatan di Magetan, serta kereta hias yang diiringi musik tradisional Gamelan.

Festival ini tidak hanya menampilkan Bolu Rahayu, tetapi juga makanan khas lainnya seperti ampyang, enting-enting, dan emping. Masyarakat Magetan memiliki kepercayaan bahwa siapa saja yang mendapatkan Bolu Rahayu akan mendapatkan berkah sepanjang tahun. Oleh karena itu, tak heran jika festival ini selalu ramai dan dihadiri oleh banyak orang yang rela berdesak-desakan demi mendapatkan bolu tersebut.

Baca Juga  Pemkab Magetan Launching Pemasangan Tapping Box dan E-SPTPD

Festival Andum Berkah Bolu Rahayu menjadi simbol pelestarian budaya dan kebersamaan masyarakat Magetan, yang setiap tahunnya selalu dinanti-nantikan. Tahun ini, dengan suasana malam yang sakral, diharapkan festival ini dapat memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan berkesan bagi semua yang hadir.

Pos terkait