Pemkab Magetan Gelar Upacara Peringati Hari Otonomi Daerah ke XXVIII

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXVIII dengan menggelar upacara, di halaman kantor Pemkab setempat, Kamis (25/04/2024).

Upacara dengan mengusung tema ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat’ ini diikuti oleh seluruh Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, dan seluruh pegawai Pemkab setempat. Sementara PJ. Sekda Hermawan bertindak sebagai Inspektur Upacara dan membacakan amanat dari Kemendagri, Muhammad Tito Karnavian.

Dijelaskannya, bahwa tema yang diusung memiliki makna untuk memperkokoh komitmen akan amanah untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal. Selain itu juga sebagai bentuk mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan.

“Perjalanan kebijakan ekonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi, dan tujuan dari otonomi daerah,” kata Hermawan.

Ia juga mengungkapkan, perjalanan otonomi daerah selama 28 tahun ini disebut telah memberikan dampak positif, baik berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan kemampuan fiskal daerah.

Diharap evaluasi untuk penyusunan program dan kegiatan dalam APBD selalu dilakukan agar dapat efektif dan tepat sasaran. Terlebih pada daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPMnya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi, atau akses infrastruktur yang belum baik.

“Bagi daerah yang masih rendah PADnya agar melakukan terobosan dan inivasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada, serta tidak memberatkan rakyat,” ujar Hermawan.

Baca Juga  Cari Rumput Warga Di Ponorogo Ditemukan Meninggal Dunia

Pos terkait