Pemkab Magetan Mulai Digitalisasi Kegiatan Pemerintah

Kabupaten Magetan luncurkan aplikasi E-Office.

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan mulai menerapkan teknologi digital dalam melaksanakan kegiatan pemerintah dan pelayanan informasi kepada masyarakat.

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Magetan terus berbenah dengan mengupgrade sistem administrasi berbasis IT di era digital ini, dengan meluncurkan aplikasi Elektronik Office (eoffice.magetan.go.id versi 1.0.).

Peluncuran aplikasi e-office 1.0 ini di lakukan di Gedung Korpri Magetan, Kamis (02/6/2022). disertai dengan uji coba penggunaan oleh Bupati dan wakil Bupati Magetan beserta asisten dan tamu undangan yang hadir.

Aplikasi e-office versi 1.0 merupakan aplikasi persuratan berbasis web yang dibuat dengan maksud memudahkan proses surat menyurat dan disposisi antar instansi dan pimpinan.

Fitur utama pada aplikasi e-office terdiri dari surat masuk, surat keluar, disposisi, informasi, dan laporan secara digital.

Bupati Suprawoto menyampaikan e-office ini adalah karya anak-anak programmer di Dinas Kominfo. Tentunya bertujuan untuk merapikan sistem surat menyurat yang selama ini dilakukan.

“Ke depan surat menyurat harus berbasis elektronik, dengan begitu file akan rapi. Surat asli masih dalam bentuk basah nanti di scan, tetapi pimpinan cukup melihat dari e-Office sehingga di manapun berada bisa memberikan disposisi,” jelas Bupati Suprawoto.

Bupati berharap kepada seluruh OPD agar menggunakan aplikasi ini secara bertahap hingga infrastruktur pendukung yang dibutuhkan untuk menerapkan teknologi digital tersebut telah lengkap dan siap difungsikan.

Versi 1.0 ini nantinya juga akan disempurnakan lagi secara bertahap, dari segi keamanan juga akan diupayakan.

Keberadaan aplikasi ini tentu sangat memudahkan pegawai di instansi pemerintahan dalam melakukan aktivitas surat menyurat antar instansi atau instansi ke pimpinan.

Mulai dari pembuatan, pengiriman, dan pengarsipan. Semua akan menjadi lebih efektif, efisien, dan tentunya lebih hemat dalam hal penggunaan kertas.

Baca Juga  Kapolres Ponorogo Ikuti Upacara HUT TNI Ke 76 Secara Virtual Yang Dipimpin Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo

Sementara, Cahya Ningtyas Kushardina, S.Kom., Sub. Koordinator Tata Kelola Bidang TIK Diskominfo Kabupaten Magetan mengatakan, Aplikasi e-office yang baru saja diluncurkan akan dikembangkan ke versi lanjutan sampai mencapai titik stabil.

“Layaknya aplikasi-aplikasi pada umumnya seperti Gojek ataupun Grab yang selalu ada pembaharuan, aplikasi kita nantinya juga akan seperti itu. Ini versi awal, nanti akan ada versi selanjutnya, sampai di titik aplikasi ini bisa stabil,” ujarnya.

Pos terkait