Polsek Siman Dampingi Petugas Lakukan Pemeriksaan Dan Penyuntikan Hewan Ternak Terjangkit virus PMK

 Pemeriksaan Dan Penyuntikan Hewan Ternak Terjangkit virus PMK

 

Beritatrends, Ponorogo – Anggota Polsek Siman melaksanakan pendampingan petugas Paramedik Kec. Siman dan Mantri Hewan UPT Peternakan Kec. Siman melakukan pemeriksaan serta penyuntikan terhadap ternak sapi yang terjangkit virus Lenyakit Mulut dan Kuku milik warga di Dukuh Kledang Desa Ronosentanan Kec. Siman Ponorogo, Kamis (2/6).

“Hasil wawancara terhadap pemilik sapi dan pemeriksaan oleh petugas Paramedik dapat disimpulkan bahwa Sapi milik warga menunjukkan ciri-ciri terjangkit Suspek PMK yaitu mengeluarkan air liur secara terus menerus, sudah 2 hari tidak mau makan dan mulut terdqpat bintik-bintik merah, lidah sering menjulur keluar, kaki kanan yang belakang pincang, suhu tubuh diatas normal / panas, “kata Kapolsek Siman Iptu Yoyok Wijanarko.

Iptu Yoyok Wijanarko menambahkan, tindakan yang telah dilakukan oleh Petugas Paramedik ( mantri hewan ) melakukan penyuntikan dan memberi obat untuk diminumkan terhadap sapi yang terjangkit virus PMK.

“Sapi milik Sdri. YATUN yang saat ini terjangkit Virus PMK dimungkinkan akibat tertular dari Sapi milik Sdr. TAMIN, Alamat Dkh. Kledang Ds. Ronosentanan Siman tertanggal tgl 27 Mei 2022 lalu dinyatakan terjangkit PMK, penularan disebabkan karena kandang milik Bu Yatun dan Sdr. Tamin berhadapan/berdekatan. Petugas juga berkoordinasi secara intensif dengan UPT Peternakan Siman guna mengetahui perkembangan kasus PMK di wilayah Kecae Siman, bersama inkait melakukan edukasi terhadap peternak agar tetap tenang menyikapi kasus PMK dan segera melaporkan kepada Dinas terkait apabila kondisi ternaknya kondisinya mengarah tanda-tanda terjangkit virus PMK, “pungkasnya.

Baca Juga  Tes Kesegaran Jasmani Periodik Semester II TA. 2022

Pos terkait