Pemkab Magetan Usulkan 1.480 Formasi, Terbanyak Guru

Kepala BKD Magetan, Masruri

Beritatrends, Magetan – Menyongsong seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) telah mengusulkan 1.480 formasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Formasi tersebut terbagi menjadi 1.090 guru, 253 tenaga kesehatan (nakes), dan 138 tenaga teknis.

“Teknis pelaksanaan kita belum tau, ini baru usulan ke MenPAN-RB. Kalau sudah ada persetujuan baru ditindaklanjuti,” kata Kepala BKD Magetan, Masruri, Senin (05/06/2023).

Masruri mengungkapkan, formasi guru yang mendominasi PPPK tahun ini telah disesuaikan dengan jumlah kebutuhan tenaga pendidik di Magetan.

“Memang sesuai data dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), yang masuk Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 1.090, itu yang kita usulkan,” ungkapnya.

Sementara itu terpisah, Bupati Magetan, Suprawoto mengatakan, usulan PPPK ini merupakan salah satu cara Pemkab untuk mengatasi kekurangan guru akibat banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang masuk masa pensiun.

“Makanya langkah yang dilakukan setiap tahun Magetan selalu mengambil PPPK. Terakhir tidak semua kabupaten mengambil, tapi Magetan tetap mengambil,” jelasnya.

Bupati juga memastikan, apabila usulan ini disetujui akan mampu menyelesaikan permasalahan nasib guru honorer di Magetan.

“Insyaallah tahun ini honorer di Magetan habis, asalkan dia lulus tesnya. Kalau sudah selesai tinggal memikirkan yang lain lagi seperti masalah kebutuhan atau hak-hak guru yang belum diselesaikan,” ujar Bupati.

Baca Juga  Desa Semangat Raih Juara II, Pemkab Karo Sampaikan Apresiasi

Pos terkait