Pemkot Blitar Ikuti Presentasi Penilaian Kinerja Stunting Terintegrasi Via Daring

Pemkot Blitar Ikut Penilaian Stunting

Beritatrends, Kota Blitar – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar mengikuti presentasi Penilaian Kinerja Stunting Terintegrasi secara daring di Ruang Integrated System Center, Rabu (29/5/2024).

Presentasi kali ini dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Blitar, Perangkat Daerah terkait, Akademisi, Kader Posyandu, dan Kader Kampung KB Kota Blitar.

Terdapat beberapa poin informasi yang perlu diperhatikan oleh publik terkait agenda ini :

  • 1. Penilaian kinerja penurunan stunting merupakan suatu proses atau kegiatan yang dilakukan untuk mengevaluasi kinerja pemerintah daerah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting dengan menggunakan instrumen penilaian berdasarkan indikator dan periode waktu yang ditetapkan.
  • 2. Walikota Blitar menuturkan bahwa dalam penilaian ini, Pemerintah Kota Blitar telah menggagas berbagai program yang difokuskan pada remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca persalinan, baduta, hingga balita. Beberapa program pencegahan stunting di Kota Blitar, meliputi Pak Gimin Semangat (Paket Gizi Ibu Hamil Nambah Sehat Mencegah Stunting), Qurban For Stunting, Modeling LILA Keluarga, Gertak Stunting, Kebun Dashat, dan Peningset Catin.
  • 3. Angka stunting di Kota Blitar mencapai 6.53% yang berada dibawah target nasional, atau sekitar 400-an anak.
  • 4. Sekretaris DP3AP2KB Kota Blitar menyebutkan bahwa penilaian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana Kota Blitar melakukan kegiatan yang berkaitan dengan konvergensi stunting.

Walikota Blitar Santoso meminta masyarakat dan jajaran terkait tidak terlena, meskipun angka stunting berada di bawah target nasional.

“Semoga sinergi dan kolaborasi diharapkan dapat menekan prevalensi stunting di Kota Blitar,” pintanya dengan serius.

Baca Juga  Komisi C DPRD Kabupaten Madiun Apresiasi Kinerja RSUD Caruban

Pos terkait