Pengembangan Peran Perempuan Melalui Pelatihan Membatik Ecoprint

Pengembangan Peran Perempuan Melalui Pelatihan Membatik Ecoprint.

Beritatrends, Magetan – Kaum perempuan menjadi salah satu fokus dan perhatian pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan. Pengembangan kapasitas dan peran perempuan dalam pelaksanaan pembangunan Desa maupun daerah menjadi sebuah kewajiban yang mesti diwujudkan.

Salah satu upaya dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Magetan, dengan mengelar pembinaan dan pelatihan bidang ekonomi “Pembuatan Batik Ecoprint” bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA).

Pelatihan ini digelar selama dua hari (24 s/d 25 Agustus 2022), bertempat di Balai Desa Bogem, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan, dan diikuti oleh sebanyak 36 ibu-ibu yang berasal dari Desa Bogem, Truneng dan Kadungguwo.

Kepala DPPKB-PPPA Magetan, Furiana Kartini mengatakan, maksud dan tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesetaraan gender dalam keluarga, meningkatkan peran dan fungsi suami istri anak dalam keluarga.

Salain itu, juga meningkatkan ketrampilan, pengetahuan dan pendapatan peserta, serta pengembangan usaha bagi perempuan kepala keluarga.

“Pelatihan membatik ini untuk melatih keterampilan ibu-ibu supaya lebih produktif dan bisa menciptakan lapangan kerja baru,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga dengan adanya pelatihan ini dapat membuat ibu-ibu, khususnya warga kabupaten Magetan menjadi terampil dan dapat meningkatkan perekonomian di keluarganya dengan diharapkan dapat membuat inovasi baru dari membatik.

“Kami ingin mereka tidak hanya bisa membatik. Kami ingin mereka juga memiliki kelebihan yang lain, bisa memproduksi, bisa membuat batik yang lebih bagus,” pungkasnya.

Pos terkait