Penghargaan Karang Taruna Awards Tahun 2024

Beritatrends, Lampung – Penghargaan Karang Taruna Awards (KTA) Tahun 2024 merupakan bentuk reward penghargaan bagi warga Karang Taruna baik tingkat kecamatan, kelurahan, desa di wilayah Provinsi Lampung.

Hal itu disampaikan Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona yang diwakili Wakil Ketua 1 Karang Taruna Provinsi Lampung Ferri Fauzin IF bersama para pengurus Karang Taruna Provinsi Lampung saat terjun memberikan penilaian lapangan di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, Sabtu (20/4/24).

Ferri menyampaikan bahwa kegiatan Karang Taruna Awards 2024 ini merupakan program inovasi Provinsi Lampung yang menjadi program percontohan di Karang Taruna Nasional.

Penghargaan itu sambungnya, dibagi menjadi dua kategori yaitu Perorangan dan Kelompok / Organisaai Karang Taruna.

“yang pertama perorangan untuk anggota Karang Taruna baik ditingkat kecamatan, kelurahan atau desa. Lalu yang kedua Kelompok atau Organisasi Karang Taruna baik itu ditingkat Kecamatan maupun kelurahan atau desa,” katanya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan verifikasi lapangan ini dilaksanakan selama empat hari melanjutkan dari penilaian tahap satu yang sudah di laksanakan sebelumnya secara online pada 22 – 24 Maret 2024 dengan total 34 peserta dari 11 Kabupaten / Kota se- Provinsi Lampung yang terdiri dari 15 orang kategori perorangan dan kategori kelompok sebanyak 19 kelompok.

Penilaian lapangan ini imbuhnya, berlangsung sejak 18 april 2024 dan selesai pada 21 April 2024, kemudian acara puncak pemberian penghargaan rencananya akan dilaksanakan pada Mei 2024.

Sementara Ketua Dewan Juri Karang Taruna Awards Kasiyono mengatakan verifikasi lapangan yang di laksanakan pada tanggal 18 – 21 April 2024 ini memiliki kategori penilaian yang mana penilaian ini di lakukan oleh dewan juri dari Dinas Sosial Provinsi Lampung, Akademisi Universitas Bandar Lampung dan internal Karang Taruna Provinsi Lampung.

Baca Juga  Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi peduli Demokrasi pesawaran geruduk kantor Bawaslu dan KPU Pesawaran

“Penilaian itu diantaranya wawasan dalam ke organisasian Karang Taruna, pengembangan atau pembinaan Karang Taruna di wilayah, leader atau penggerak dalam kemajuan Karang Taruna serta kelengkapan administrasi Karang Taruna dan pengembangan usaha UMKM / UEP Karang Taruna,” kata Kasiyono saat menilai di Kawasan Wisata Alam 21 Aji Mesir Tulang bawang, Kabupaten Tulang Bawang dan Sekretariat Karang Taruna Eka Bhakti Kabupaten Mesuji.

Ia menjelaskan dari 34 peserta yang mendaftar, terpilih 13 peserta dari 2 kategori yaitu 5 peserta perorangan dan 8 kelompok kategori kelompok dan dari 13 peserta ini akan di pilih 3 besar dari 2 kategori tersebut.

Lebih lanjut, Camat Mesuji Timur Kabupaten Mesuji Roly Adityawan sangat mengapresiasi kegiatan Karang Taruna Awards ini.

“karena dengan adanya kegiatan ini ada penghargaan dari Karang Taruna Provinsi kepada Karang Taruna Kecamatan dan Desa tentang program yang sedang dan sudah dilaksanakan di tingkat bawah,” katanya.

Dirinya menjelaskan bahwa Karang Taruna Eka Bhakti, Desa Eka Mulya, Kecamatan Mesuji Timur memiliki potensi dalam pengembangan di bidang pertanian.

Pun demikian dengan Ketua Karang Taruna Kabupaten Tulang Bawang M. Ami Ismail Balaw. Ia mengatakan menang memang tujuan, tapi lebih dari itu dengan kegiatan ini sudah memberikan penghargaan kepada Karang Taruna tingkat kecamatan dan desa.

Menurutnya paling tidak Karang Taruna Provinsi tahu bahwa di Tulang Bawang ini ada pengembangan Karang Taruna di bidang Pariwisata.

“seperti di Karang Taruna Tunas Harapan, Kampung Aji Mesir, Kecamatan Gedung Aji, Kabupaten Tulang Bawang memiliki potensi dalam pengembangan di bidang Pariwisata,” pungkasnya.

Pos terkait