Peringati Hari Antikorupsi Sedunia 2023, Pemkab Madiun Gelar Senam Bersama

Lepas Balon : Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto bersama Forkopimda melepaskan balon dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia,  di Alun-Alun Reksogati Kota Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023).

Beritatrends, Madiun – Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia, Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Inspektorat Kabupaten Madiun menggelar senam bersama di Alun-Alun Reksogati Kota Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023).

Senam bersama diikuti Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, Penjabat Sekda, Sodik Heri Purnomo, Forpimda, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan ribuan warga di Kabupaten Madiun.

Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto mengatakan peringatan Hari Antikorupsi tahun ini mengambil tema Sinergisitas Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju. Lewat tema itu, diharapkan semua pihak berpartisipasi bersama untuk melawan dan memberantas korupsi di Kabupaten Madiun.

“Lewat peringatan Harkordia mengingatkan kita semua sebagai penyelenggara pemerintahan sekaligus mempertanggungjawabkan keuangan daerah agar semakin hati-hati pertanggungjawabannya,” kata Tontro disela-sela peringatan Harkordia, Jumat (8/12/2023).

Ia pun mengingatkan agar seluruh OPD pada tahun anggaran 2024 menyelenggarakan program sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam APBD 2024.

Tak hanya itu, kata Tontro, pengelolaan keuangan pun sudah menggunakan sistem digitalisasi. Dengan demikian, semua pengelolaan dan pengeluaran keuangan menggunakan sistem non tunai.

“Sekarang  pengelolaan keuangan anggaran di Pemkab Madiun sudah menggunakan sistem digitalisasi. Sehingga pengelolaan keuangan daerah sudah menggunakan sistem non tunai lewat program tersebut,” ungkap Tontro.

Kepada seluruh jajaran ASN, Tontro berpesan agar pengelolaan keuangan daerah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada. Terlebih saat ini masyarakat dapat mengawasi langsung penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

SENAM BERSAMA-Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia, Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Inspektorat Kabupaten Madiun menggelar senam bersama di Alun-Alun Reksogati Kota Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023). 

“Lewat Harkordia ini seluruh ASN diingatkan  bahwa dalam penyelenggaraan pemerintah kita selalu diawasi masyarakat. Dan saya harapkan masyarakat membantu mengawasi  agar jalannya pemerintah sesuai dengan peraturan yang ada,” demikian Tontro.

Inspektur Kabupaten Madiun, Joko Lelono mengatakan hari anti korupsi dunia tahun ini diramaikan dengan acara senam bersama ASN dan masyarakat. Harapannya, lewat kegiatan ini dapat menciptakan ASN yang bersih dan berwibawa bebas praktik KKN.

“Lewat Harkordia tahun ini juga menjadi tonggak semangat partisipasi masyarakat cegah korupsi dan Indonesia bebas korupsi sehingga maju dan siap menghadapi tantangan global,” ungkap Joko.

Ia menuturkan tema Harkordia tahun ini yakni sinergi berantas korupsi untuk Indonesia maju. Untuk itu Pemkab Madiun sudah melakukan berbagai upaya mencegah korupsi dengan mewajibkan seluruh OPD menandatangani penerapan zona integritas. Selain itu, Pemkab Madiun sudah melaunching ASN go digital untuk transparasi program dan pengelolaan keuangan daerah.

Pos terkait