Peringati Hari Jadi Ke-106, Pj Wali Kota Madiun Ziarah Makam Leluhur Pendiri Kota Pendekar

ZIARAH- Memperingati Hari Jadi Ke-106 Kota Madiun, Penjabat Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto bersama Forkopimda, pimpinan OPD, camat, dan pimpinan BUMD berziarah di makam leluhur pendiri Kota Pendekar, Rabu (19/6/2024).

Beritatrends, Kota Madiun – Memperingati Hari Jadi Ke-106 Kota Madiun, Penjabat Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto bersama Forkopimda, pimpinan OPD, camat, dan pimpinan BUMD berziarah di makam leluhur pendiri Kota Pendekar, Rabu (19/6/2024).

Penjabat Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto bersama rombongan berziarah di Makam Kuncen dan Makam Kuno Taman. Proses ziarah diawali dengan bacaan doa dan tahlil di area makam para pendiri Kota Madiun.

Usai berdoa bersama, Eddy melakukan adat pemotongan tumpeng lalu diikuti dengan penaburan bunga diatas makam para leluhur. Bagi Eddy, momen ziarah ke makam untuk mengenang jasa-jasa para leluhur para pendiri Kota Madiun.

Saat berada di area pemakaman Kuncen, Pj wali kota melaksanakan prosesi tabur bunga di makam Ki Ageng Panembahan Ronggo Djoemeno yang menjabat Bupati Madiun era 1568 – 1586. Kemudian, makam Bupati Mangkunegara 1, Patih Wonoasri, dan para bupati Madiun lainnya.

BERIKAN BANTUAN—Penjabat Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto bersama rombongan membagikan sejumlah bantuan kepada warga dalam bentuk BLTD, bantuan anak stunting, hingga bantuan gerobak dari Baznas usai berziarah di makam leluhur pendiri Kota Madiun, Rabu (19/6/2024).

Sementara di area pemakaman di Makam Kuno Taman, rombongan mengunjungi makam Raden Ronggo Prawirodirjo I atau Raden Ronggo Prawiro Sentiko yang menjadi Bupati Brang Wetan Gunung Lawu (1755-1784), Raden Ronggo Prawirodirjo II yang menjabat Bupati Madiun (1784-1797). Raden Ronggo Prawirodirjo II merupakan kakek dari Raden Ronggo Prawirodiningrat. Kemudian, makam Raden Bagoes Sentot Prawirodirdjo, panglima perang Pangeran Diponegoro.

Baca Juga  Setahun Di Resmikan Islamic Center Asmaul Husnah Pringsewu Tampak Tidak Terawat

‘’Hari jadi ini sebagai momentum mengenang jasa-jasa beliau ini. Karena tanpa beliau semua, kota kita tidak akan menjadi seperti saat ini,’’ kata Eddy.

Dengan berziarah di makam para leluhur, Eddy mengatakan generasi muda tidak akan melupakan jasa para pendiri Kota Madiun dan pahlawan. Terlebih para pahlawan telah berjasa berjuang meraih kemerdekaan dari penjajah.

‘’Kami minta generasi muda tidak melupakan masa lalu. Apa lagi, jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk kita semua,” ungkap Eddy.

Tak hanya itu, Eddy mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada sesama. Untuk itu aneka kegiatan yang melibatkan masyarakat akan terus ditingkatkan kedepannya.

‘’Tentunya di hari ulang tahun ini, kami ingin semuanya bahagia dan masyarakat ikut mendukung pembangunan di Kota Madiun,’’ tutur Eddy.

Usai berziarah di makam leluhur, Eddy bersama rombongan membagikan sejumlah bantuan kepada warga dalam bentuk BLTD, bantuan anak stunting, hingga bantuan gerobak dari Baznas.

 

Pos terkait