Peringati Hari Jadi Ke-456, Pemkab Madiun Gelar MTQ

SERAHKAN TROPI—Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlwanto menyerahkan tropi kepada juara umum MTQ tingkat Kabupaten Madiun dari kontingen Kecamatan Geger di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Selasa (2/7/2024).

Beritatrends, Madiun – Pemerintah Kabupaten Madiun menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Madiun di Pendapa Muda Graha Pemkab Madiun, Selasa (2/7/2024). Kegiatan itu digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun yang ke-456.

Setidaknya 332 peserta dari 15 kecamatan mengikuti MTQ yang bertemakan MTQ Membangun Generasi Cinta Al-Quran Menuju Madiun Maju dan Bermartabat.

Para peserta mengikuti lomba MTQ yang dibagi sebanyak sembilan jenis cabang lomba.

Sembilan cabang yang diperlombakan dalam MTQ 2024 yakni lomba tartil, tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) 1 Juz, MHQ 10 Juz, Musabaqoh Fahmil Quran (MFQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), dan Khat Al-Quran.

Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto saat menutup MTQ menyampaikan apresiasinya kepada para pemenang. Harapannya MTQ akan terus digelar kedepannya.

“Selamat kepada para peserta dari berbagai kecamatan yang telah mengikuti dan melaksanakan kegiatan MTQ ini. Saya berharap MTQ tahun ini akan dilanjutkan di MTQ tahun yang akan datang,” ungkap Tontro.

Bagi Tontro, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Madiun tahun 2024 ini sudah terlaksana dengan baik. Untuk itu seluruh seluruh peserta MTQ harus tetap berlatih dan tidak berpuas diri guna mengikuti kembali MTQ di tahun depan.

Tak hanya itu, mantan Sekda Kabupaten Madiun itu meminta agar kedepan pelaksanaan MTQ dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan. Dengan demikian, dapat diikuti lebih banyak lagi peserta dari seluruh wilayah di Kabupaten Madiun.

“MTQ di tahun depan akan kami laksanakan secara berjenjang, jadi tidak hanya tingkat kabupaten, namun juga akan kita laksanakan berjenjang di tingkat kecamatan,” kata Tontro.

Baca Juga  Paripurna DPRD Magetan, Penjelasan Bupati Terhadap Pengantar Nota Keuangan Ranperda APBD 2024

Tontro meminta pelaksanaan MTQ kedepan tak lagi dilaksanakan oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Madiun. Namun mulai tahun 2025, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Madiun dapat menggelar perlombaan itu secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan.

“Tahun depan MTQ seperti ini sudah dilaksanakan secara mandiri oleh LPTQ. Untuk itu saya minta kepada pengurus LPTQ sudah mempersiapkan diri mulai saat ini,” demikian Tontro.

Pos terkait