Perkuat Kurikulum Merdeka, SMPN 4 Magetan Gelar Spatma Berkelas

Gebyar Spatma Berkelas

Beritatrends, Magetan – Kurikulum Merdeka adalah inovasi dalam pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat belajar siswa. Kurikulum ini memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih minat belajar mereka, mengurangi beban akademik, dan mendorong kreativitas guru.

Dalam rangka penguatan Kurikulum Merdeka Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Magetan menggelar Gebyar Spatma Berkelas penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kamis (21/12/2023)

Berbagai kegiatan dilaksanakan, mulai dari Class Meeting, kegiatan Puncak Tema, kegiatan Spatma Go To School, serta kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Anjungan Nusantara.

“Pada intinya adalah ini penguatan Profil Pelajar Pancasila, dimana penerapan kurikulum merdeka didalamnya ada beberapa kegiatan yang mendukung sehingga kami gabung dalam satu kegiatan,” jelas Kepala Sekolah SMPN 4 Magetan melalui Kaur Kesiswaan, Joko Maryanto. Kamis (21/12/2023)

Lebih lanjut, ini adalah bentuk dari pembelajaran selama satu semester, P5 Anjungan Nusantara itu diimplementasikan dalam penguatan seperti ini.

“Kegiatan ini dimulai dari tanggal 12 hingga 23 Desember 2023, nanti Anjungan Nusantara itu setiap kelas memiliki tema yang mengambil tema Provinsi, dan tiap kelas itu memiliki icon tersendiri,” imbuh Joko.

Joko menjelaskan, hari ini pelaksanaan Spatma Go To School itu dikesiswaan yang bekerjasama dengan guru BK mempunyai program merawat cita-cita yang dicanangkan Suprawoto Bupati Magetan terdahulu, yang mana anak-anak didik itu setelah lulus SMP dan SMA itu harus mempunyai cita-cita yang harus dicapai.

“Maka dimulai dari SMP kelas 9 ini setelah lulus bisa mencari sekolah yang berikutnya yang diinginkan, maka bentuk kami merawat cita-cita itu kami mengundang SMA dan SMK se-Kabupaten Magetan dan sekitarnya termasuk Madiun bahkan dari Malang juga datang itu untuk menyampaikan keunggulan masing-masing kepada siswa kami di SMPN 4 Magetan, sehingga anak-anak kami nanti bisa mendapatkan Informasi sekolah mana yang akan dituju nanti sesuai dengan cita-cita mereka,” ucap Joko.

Joko menambahkan kegiatan seperti ini sudah kali kedua dilaksanakan, dengan harapan setelah ini nanti anak-anak akan paham terhadap Profil Pelajar Pancasila.

“Semoga nanti anak-anak di SMPN 4 Magetan ini akan paham terhadap Profil Pelajar Pancasila, dan anak-anak nanti ketika melanjutkan sekolah itu paham dan tau sesuai yang di cita-citakan,” tegas Joko.

Pos terkait