Pesantren Alumni Di Bangka Belitung Peringati 1 Abad Gontor

 

Beritatrends, Bangka Belitung – Sebagai bentuk kesyukuran yang ada, Pondok Pesantren & Alumni Gontor di Provinsi Bangka Belitung ikut serta dalam Peringatan 1 Abad Gontor (Rabu, 27 September 2023).

Kegiatan tersebut diadakan oleh beberapa pondok & pengurus ikpm babel, sebagaimana berikut :

  1. 1. Pondok Pesantren Daar El Ihsaan (Pondok Trendi) – Petaling
  2. 2. Pondok Hidayatus Salikin – Air Itam
  3. 3. Pondok Modern Daarul Istiqomah – Air Gegas
  4. 4. Pondok Modern Darul Abror – Kace
  5. 5. Pondok Modern Roudhotul Ilmi – Pemali
  6. 6. Pondok Modern Uwais Al-Qarni – Tempilang
  7. 7. Ma’had Tahfidz Darul Qur’an Babel – Sungailiat
  8. 8. Pondok Pesantren Bahrul Ulum – Sungailiat
  9. 9. Pondok Modern Madinatul Ilmi – Sangku
  10. 10. Pengurus IKPM Wilayah Bangka
  11. 11. Pengurus IKPM Wilayah Belitung
    Dll.

Dengan terlaksananya acara tersebut di lokasi masing-masing, diharapkan hadir pula keberkahan untuk para alumni Gontor yang berkiprah atau berdakwah sesuai profesi mereka semua.

Dalam memperingati usia Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang ke 100 tahun, maka diadakan Khataman Qur’an & Sujud Syukur berjamaah yang melibatkan 30.604 santri Gontor, 483 Pondok Pesantren Alumni Gontor, serta 1.015 tamu undangan.

Sujud syukur sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan 100 tahun Gontor, digelar pada Rabu, 27 September 2023, bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1445 di masjid jami’ Gontor dan juga di seluruh kampus putra, UNIDA Gontor dan juga seluruh pondok alumni Gontor.

“Ini adalah tanda dimulainya Peringatan 100 Tahun Gontor. Berarti, pada 27 September 2023 nanti Gontor telah sampai di usia yang ke-100 tahun,” kata Ketua Panitia Peringatan 100 Tahun Gontor Khoirul Umam dalam konferensi pers yang diikuti secara daring dari Jakarta, Minggu.

Baca Juga  Sidang Terbuka Kelulusan Akhir Seleksi Penerimaan Akpol dan Bintara Polri T.A 2022

“Gontor didirikan pada 1926 Masehi, bertepatan dengan 12 Rabiulawal 1345 Hijriah pada waktu itu. Ketika dihitung, pada 27 September ini bertepatan dengan 12 Rabiulawal 1445 Hijriah, bertepatan dengan 100 tahun Gontor dalam (penanggalan) hijriah,” jelasnya.

“Sejak kesyukuran 50 tahun Gontor, acara peringatan dan kesyukuran Gontor selalu diawali dengan sujud syukur,” kata Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, Ketua Umum peringatan 100 tahun Gontor.

Lebih lanjut Prof Hamid menjelaskan bahwa rentetan kegiatan 100 tahun berfokus pada menghasilkan karya monumental yang dapat diwariskan pada generasi berikutnya.

“Setiap aspek kegiatan kami desain untuk melahirkan legacy bagi 100 tahun kedua Gontor,” tambah Prof Hamid.

Pimpinan PMDG, Prof Dr KH Amal Fathullah Zarkasyi MA, mengungkap bahwa pondok sudah menyiapkan sejumlah agenda seperti membangun komunitas Guru Besar alumni Gontor, mempercepat upaya penyelesaian studi doktoral bagi para kader, hingga mempersiapkan Fakultas Kedokteran Universitas Darussalam Gontor.

“Gontor tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai Gontor. Tetapi, pada saat yang bersamaan, Gontor tidak menolak kemajuan, istilah Pak Hasan (KH Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan PMDG) ‘Al-Muḥafadzah ‘ala al-qiyam, wal akhdzu wa al-taghyīr ila al-kamal’ yang berarti ‘Gontor tetap menjaga nilai-nilainya dan terus berubah untuk mencapai kesempurnaan’. Karena bagi Gontor, mencapai kesempurnaan pada hakikatnya merupakan berproses,” kata Pak Amal, sapaan ta’zim alumni dan guru-guru Gontor kepada Prof Dr KH Amal Fathullah Zarkasyi MA.

Sujud syukur ini menandai 100 tahun hijriyah berdirinya Gontor. “Adapun secara hitungan masehi, 100 tahun Gontor akan jatuh pada 2026,” tambah Dr. Riza Ashari, Humas Gontor.

Maka Peringatan Puncak 100 Tahun Gontor akan dirayakan pada 2026 mendatang.

Pos terkait