Petugas Gabungan Lakukan Ramp Check di Terminal Maospati Magetan

Petugas Check di Terminal Maospati Magetan pasang stiker

Beritatrends, Magetan – Petugas gabungan dari Satlantas Polres Magetan Jawa Timur bersama Dinas Perhubungan (Dishub) setempat menggelar ramp check di Terminal Maospati Magetan, Senin (08/04/2024).

Kasat Lantas Polres Magetan, AKP Sony Suhartanto menyebut, pemeriksaan dilakukan pada unsur penunjang armada bus, seperti body kendaraan, tempat duduk, perlengkapan keselamatan, tool tanggap darurat, termasuk kondisi fisik pengemudi.

Kemudian untuk Kartu Uji, KP Reguler, KP Cadangan, SIM pengemudi, pengereman, penerangan, badan kendaraan, ban, dan perlengkapan kendaraan lainnya turut dicek.

Tak hanya itu, pihaknya juga memastikan tersedianya kelengkapan emergency seperti APAR, palu pemecah kaca, dan P3K.

“Ramp check ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi kecelakaan di jalan, agar penumpang nyaman dan selamat sampai tujuan,” jelas Kasat Lantas.

AKP Sony mengatakan, dari dua puluh kendaraan yang dicek, ditemui dua bis yang tidak memasang shock breaker. Akan tetapi usai diperingatkan petugas, kekurangan tersebut pun langsung dibenahi.

“Kita suruh pasang lalu dikembalikan lagi seperti semula. Sehingga secara keseluruhan semuanya aman dan laik jalan,” terangnya.

Diketahui angkutan bus yang dinyatakan lulus juga akan ditempeli stiker, lengkap dengan barcode.

Giat ramp check yang bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan dan tes urine bagi awak bus ini, diharap dapat memberikan kontribusi dalam menjaga keselamatan dan kelancaran pemudik selama musim libur lebaran tahun ini.

Baca Juga  Petugas Gabungan Kabupaten Deli Serdang Rutin Laksanakan Operasi Yustisi

Pos terkait