Pj. Bupati Landak Buka Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2024

Beritatrends, Landak – Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Pemerintah Kabupaten Landak melakukan aksi pembagian tumbler dan penanaman pohon, Jumat (05/07/2024).

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan mengatakan tema hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024 adalah ‘Land, Restoration, Desertification, and Drought Resilience” tema ini menyoroti pentingnya tindakan global yang terintegrasi dan terkoneksi dalam sebuah sinkronisasi agenda internasional untuk memulihkan lahan yang terdegradasi, yang memiliki dampak besar pada ketahanan pangan, pengurangan kemiskinan dan mitigasi perubahan iklim.

“Sedangkan tema hari lingkungan hidup sedunia yang diusung oleh Indonesia adalah “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. tema ini menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas,” ungkapnya.

Gutmen menjelaskan kegiatan penanaman pohon yang laksanakan hari ini merupakan salah satu aksi nyata dalam mendukung pemulihan lingkungan. pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.

“Untuk ini perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen terobosan besar bagi perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan,” jelasnya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Landak, dirinya mengucapkan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas penyelenggaraan kegiatan ini. kepada panitia, stakeholder terkait serta para pelaku usaha yang turut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Aksi peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak dimulai dengan aksi penanaman pada lahan bekas tambang di Mandor beberapa waktu yang lalu. dan hari ini dilanjutkan penanaman pohon di sekitaran halaman Kantor Bupati Landak serta pembagian 1000 tumbler dalam upaya mengurangi tempat minum sekali pakai,” tutupnya.

Baca Juga  2nd Northern Sumatra Forum SKK Migas–KKKS Sumbagut di Medan

Pos terkait