Pj. Bupati Landak Buka Rembuk Stunting Sekaligus Penyerahan PMT kepada Balita di Desa Pawis Hilir

Beritatrends, Landak – Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan menghadiri Sosialisasi Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dan Penyerahan Makanan Tambahan bagi Balita Stunting di Desa Pawis Hilir Kecamatan Jelimpo. Bertempat di Aula Kantor Desa Pawis Hilir Kec. Jelimpo. Selasa (30/07/2024).

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan menyatakan Pemerintah Kabupaten Landak berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan gizi anak-anak.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan makanan tambahan (PMT) kepada balita stunting dan berisiko stunting,” ujar Gutmen.

Lebih lanjut Gutmen menyampaikan pemberian Makanan Tambahan ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi balita stunting dan yang berisiko stunting untuk mencegah terjadinya stunting.

“Pemberian Makanan Tambahan ini hanya salah satu upaya dalam pencegahan dan penanggulangan stunting. Selain itu, masih banyak upaya Iain yang perlu dilakukan seperti meningkatkan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya gizi dan pola asuh yang baik bagi anak, memperbaiki akses terhadap air minum dan sanitasi yang bersih, meningkatkan kualitas layanan kesehatan di posyandu dan puskesmas,” terang Gutmen.

Gutmen juga mengucapkan terimakasih kepada PT. Bank Kalbar Cabang Ngabang yang telah memberikan bantuan Program CSR kepada balita stunting di Kabupaten Landak berupa Bantuan Makanan Tambahan dan telur.

“Salah satu bantuan yang akan diserahkan hari ini dari PT. Bank Kalbar Cabang Ngabang berupa Makanan Tambahan dan telur bagi balita stunting. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Landak mengucapkan terima kasih kepada PT. Bank Kalbar Cabang Ngabang yang telah memberikan bantuan Program CSR kepada balita stunting di Kabupaten Landak khususnya di Kecamatan Jelimpo Desa Pawis Hilir,” ucap Gutmen.

Pj. Bupati Landak itu juga menuturkan untuk mensukseskan program pencegahan dan penanggulangan stunting dukungan dan partisipasi dari semua pihak, mulai dari orang tua, kader kesehatan, masyarakat, LSM, dan sektor swasta juga sangat diperlukan.

Baca Juga  Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desadi Kukuhkan Pj Bupati Landak

“Saya harap orang tua dapat membawa anak-anaknya ke posyandu secara rutin untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan anak. Kemudian kepada kader kesehatan saya mohon para untuk dapat bekerja dengan maksimal dalam memberikan PMT dan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya gizi dan pola asuh yang baik bagi anak,” pesan Gutmen.

Kepada masyarakat, sambung Gutmen, diharap agar dapat membantu mewujudkan lingkungan yang sehat dan kondusif bagi tumbuh kembang anak.

“Kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi dan pola asuh yang baik bagi anak. Dan juga kepada sektor swasta untuk berpartisipasi dalam program pencegahan dan penanggulangan stunting dengan menyediakan bantuan CSR,” lanjut Gutmen.

Tidak lupa Gutmen mengajak semua pihak untuk berkomitmen untuk mencegah dan menanggulangi stunting di Kabupaten Landak untuk mewujudkan Kabupaten Landak yang mandiri, maju, dan sejahtera.

“Marilah kita bersama-sama berkomitmen untuk mencegah dan menanggulangi stunting di Kabupaten Landak. Dengan kerjasama dan gotong royong, saya yakin kita dapat mewujudkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, dan berkualitas,” tutup Gutmen.

Dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Landak, Plt. Kepala Dinas PUPR-Pera Kab. Landak, Plt. Kadis Sosial P3AKB Kab. Ladak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Kepala Dinas PMPD Kab. Landak, Bappeda Kab. Landak, Kepala Cabang Bank Kalbar Ngabang, Camat Jelimpo, Kepala Puskesmas Jelimpo, Kepala Desa se-Kecamatan Jelimpo dan para undangan lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *