Pj. Bupati Landak Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Beritatrends, Landak – Pemerintah Kabupaten Landak menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” di halaman Kantor Bupati Landak, Sabtu (01/06/2024).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan serta dihadiri Forkopimda Kabupaten Landak, Pimpinan OPD, Ketua Ormas, serta ASN di lingkungan Pemkab Landak dengan mengenakan pakaian adat nusantara.

Saat membacakan pidato dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Gutmen Nainggolan menyampaikan pada hari ini, 1 Juni 2024, peringatan Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045, tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ungkapnya.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Gutmen mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ujarnya.

Lebih dari jauh Pj. Bupati Landak juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Baca Juga  Gali Inspirasi Bupati Mojokerto Ngopi Bareng Wartawan

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” paparnya.

Dirinya berharap semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia, Selamat Hari Lahir Pancasila,” tutup Gutmen.

Setelah upacara acara dilanjutkan dengan pembagian bendera Merah Putih kepada 13 Camat se Kabupaten Landak.

Pos terkait