Potret Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Pemkab Magetan

Beritatrends, Magetan – Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menyelenggarakan upacara di halaman Kantor Pemkab setempat, Sabtu (01/06/2024).

Upacara terpantau berlangsung khidmat dengan dipimpin oleh Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, serta diikuti oleh jajaran Forkopimda, TNI, POLRI, ASN, dan para pelajar.

Tampak beberapa diantaranya mengenakan pakaian adat nusantara yang mencerminkan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Hergunadi mengajak komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, senantiasa menjiwai dan mempedomani Pancasila agar menjadi ideologi yang bekerja.

“Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” ujar Hergunadi, saat membacakan isi pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.

Lebih lanjut, Hergunadi berpesan agar Pancasila dijadikan filter supaya bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan, mengingat begitu pesatnya kemajuan teknologi komunikasi saat ini.

Pancasila juga harus diarusutamakan dengan metode dan cara-cara kekinian, dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi,” tegasnya.

Diharap seluruh komponen bangsa dapat bergotong-royong merawat anugerah Pancasila, serta selalu berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga  Ribuan Pemilih Pemula di Magetan Belum Kantongi E-KTP

Pos terkait