Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pimpin Langsung Oleh Walikota Blitar

Walikota Blitar Pimpin Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila 

 

Beritatrends, Kota Blitar – Walikota Blitar Santoso memimpin apel besar peringatan hari lahir dasar negara Republik Indonesia Pancasila di Aloon-aloon Kota Blitar, Sabtu (1/6/2024).

 

Apel diikuti ASN perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Perwakilan dari organisasi masyarakat, lintas agama, sekte budayawan dan para tamu undangan lainnya juga hadir mengikuti apel.

 

Pada apel ini para peserta memakai pakaian adat daerah Nusantara. Gunungan Lima yang terhiasi hasil bumi juga disiapkan pada apel ini yang akan dikirab ke Makam Bung Karno seusai apel.

 

Walikota Blitar Santoso menyampaikan, 1 Juni menjadi penanda sejarah besar bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal dan bulan ini 79 tahun yang lalu, presiden pertama Republik Indonesia Ir. Sukarno mencetuskan cikal bakal Pancasila di forum rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

 

Dasar negara itu lantas difinalisasi melalui forum Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) ditambah embrio Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

 

Menengok tema besar hari lahir Pancasila tahun ini yang mengangkat ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’, sangat relevan dengan momentum akan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang membutuhkan pengamalan nilai-nilai Pancasila terhadap persatuan dan kerukunan sosial.

 

“Mari kita jaga persatuan, kita kokohkan kerukunan dan kegotongroyongan sebagai sesama bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar berlandaskan Pancasila,” ungkap Santoso.

Baca Juga  Desa Bulu Kidul Ikuti Verifikasi Desa STBM Tingkat Kabupaten

Pos terkait