PMI Magetan Darurat Stok Darah

Beritatrends, Magetan – Stok darah yang ada di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magetan menipis.

Humas PMI Magetan, Lawuning Nastiti mengatakan, stok darah di Magetan menipis sejak seminggu terakhir atau awal bulan Mei ini.

“Per hari ini, stok golongan darah A ada 2 kantong, B 16 kantong, O 14 kantong, dan AB 7 kantong,” papar Lawuning, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, jumlah ideal stok darah dapat dikatakan cukup apabila tersedia lebih dari 200 kantong darah.

“Bisa dikatakan cukup apabila setiap golongan darah tersedia masing-masing sekitar 50 kantong. PMI biasanya setiap hari kirim info stok darah di grup WA sesuai golongannya. Kita juga ada Instagram, setiap hari kita update stoknya dan kirim himbauan. Selain itu biasanya juga ada kerjasama dengan instansi dan rutin mengadakan mobile unit donor darah,” kata Lawuning.

Ia menilai, ketersediaan stok darah yang semakin menipis dikarenakan banyaknya permintaan darah dari rumah sakit yang tidak dibarengi dengan banyaknya para pendonor.

Adapun kantong darah yang disediakan oleh PMI Magetan adalah untuk memenuhi kebutuhan di beberapa rumah sakit sekitar, seperti RSUD dr. Sayidiman, RSIA Melati, RSIA Samudra Husada, RSIA Sekar Wangi, dan RSAU dr. Efram Harsana Lanud Iswahjudi.

Untuk itu, pihaknya berharap agar masyarakat Magetan dapat menunjukkan kepeduliaan terhadap sesama dengan ikut serta mendonorkan darahnya.

“Semoga masyarakat Magetan mau donor darah setiap 2 bulan sekali untuk membantu pasien yang di rumah sakit,” harap Lawuning.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, silahkan datang ke gerai Unit Donor Darah PMI, bertempat di Jl. MT. Haryono No 14 Magetan (Timur POM Pasar Sayur), buka setiap hari mulai jam 8 pagi-8 malam.

Baca Juga  LSM Penggerak Masyarakat Analisi Kebijakan Resmi Laporan DAK TA. 2021 SD, SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Ke Kejati Lampung

Pos terkait